DTPHP Gelar Vaksinasi Rabies Dengan Drive Thru Hindari Kerumunan

Tanpa turun kendaraan Masyarakat antusias vaksin rabies

KBRN, Bengkalis : Sebagai salah satu upaya untuk memperluas cakupan vaksinasi dan membebaskan Pulau Bengkalis dari rabies, dilakukan vaksinasi terhadap hewan penular di Halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Peternakan (DTPHP) Bengkalis Jalan Pertanian, Jumat (8/10/2021).

Berbeda dengan biasanya, vaksinasi dilakukan dengan cara, pemilik hewan menuju pos petugas pemeriksaan hewan yang sudah dipersiapkan, dan tidak harus turun dari kendaraan atau drive thru untuk vaksin hewan kesayangannya. Tujuannya agar menghindari kerumunan dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) penanganan Covid-19.

Kepala DTPHP Bengkalis, H. Tarmizi, S.P, M.Si melalui Kepala Seksi Kesehatan Hewan drh. H.M. Mardani mengatakan, kegiatan vaksinasi drive thru tersebut berlangsung selama sehari dan merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Rabies Sedunia yang seyogyanya dilaksanakan 28 September namun baru bisa dilaksanakan 8 Oktober.

"Vaksinasi sevara virtual drive thru juga diakomodir oleh Kementerian Pertanian pelaksanaannya langsung disaksikan oleh Menteri Pertanian RI Gubernur, Bupati dan Walikota secara virtual dan puncaknya Hari Rabies Sedunia di pusatkan di Kota Surabaya, Jawa Timur," ungkap drh. Mardani, Sabtu (9/10/2021).

Pria yang akrab disapa Hani ini juga menyebutkan, vaksinasi drive thru dilakukan mulai pukul 09.00-11.00 WIB kemudian dilanjutkan pukul 14.00-16.00 WIB. Menurutnya, antusias masyarakat untuk vaksinasi hewan peliharaannya seperti kucing dan juga anjing cukup tinggi.

"Kegiatan ini juga salah satu strategi penyisiran hewan penular rabies, dengan tingginya antusias tersebut memperlihatkan tingginya kesadaran masyarakat agar tidak terjadi penularan virus rabies dari hewan ke manusia," katanya lagi.

drh. Hani juga menegaskan, rabies itu bisa dibasmi dan salah satunya dilakukan dengan pencegahan yaitu vaksinasi secara rutin.

"Kita mengajak masyarakat, mari vakinasi hewan kesayangan secara rutin dan untuk tetap berkomunikasi dengan petugas Keswan yang ada di Puskeswan UPT ataupun DTPHP. Selain itu mengajak Pemdes bersama-sama berkolaborasi dan meningkatkan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat," imbaunya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00