Perpanjangan Pendaftaran CPNS dan P3K, Peminat Meningkat

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bengkalis Djamaluddin

KBRN, Bengkalis : Meskipun formasi CPNS yang ditawarkan Kabupaten Bengkalis pada tahun 2021 ini cukup sedikit, namun pelamar CPNS Bengkalis ternyata masih tetap ramai, bahkan jumlah pelamar mencapai 1.712 pelamar.

Hal ini diungkap Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bengkalis Djamaluddin kepada wartawan, Selasa (27/7/2021) siang. Menurut dia selain pelamar CPNS yang ramai, pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) juga dibanjiri peminatnya.

Sampai hari terakhir pendaftaran, jumlah pendaftar PPPK mencapai angka 1.859 pelamar. Menurut Djamaluddin setelah proses pendaftaran ini, pihaknya tengah melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas pelamar.

"Pendaftaran sudah tutup 26 Juli Kemaren, beberapa hari ke depan tim verifikasi akan melakukan verifikasi berkas para pelamar hingga batas waktu yang telah ditentukan," kata Djamaluddin.

Meskipun ramai pendaftar, dari data BKPP Bengkalis masih ada sejumlah formasi kosong pendaftar. Formasi yang kosong tersebut sebanyak 14 formasi.

"Data kita terima dari tim ada sebanyak 14 formasi CPNS yang tidak dilamar. Sementara formasi yang di lamar sebanyak 60 formasi CPNS," terangnya.

BKPP Bengkalis belum bisa memberikan secara detail formasi yang tidak ada pelamarnya tersebut. Karena proses verifikasi masih berjalan, tim verifikasi akan mengcek kembali dengan detail pendaftar yang sudah memasukkan berkas.

"Nanti setelah verifikasi berkas selesai kita akan sampaikan formasi formasi CPNS yang kosong pelamar ini," tambahnya.

Menurut dia, hasil verifikasi ini nanti akan segera diumumkan. Selain melakukan verifikasi, tim BKPP Bengkalis juga tengah mempersiapkan lokasi ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) yang rencananya dilaksanakan seperti tahun sebelumnya dengan mekanisme computer asisten test (CAT).

Rencanannya pelaksanaan SKD akan dilaksanakan di Bengkalis. Pihak BKPP Bengkalis menyiapkan gedung balai diklat BKPP Bengkalis di Desa Kelapapati sebagai lokasi pelaksanaan tes.

"Rencananya di Balai Diklat kita, saat ini kita tengah menyiapkan tempat tersebut untuk pelaksanan SKD," terang Djamaluddin.

Menurut dia, meskipun pelaksanaan SKD sudah dipastikan di Bengkalis, sementara pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang belum dipastikan di tempatnya. Sebenarnya BKPP Bengkalis sudah mengajukan pelaksanaan SKB agar dilaksanakan di Provinsi.

"Kita sudah ajukan kemarin pelaksanaan SKB dilakukan di provinsi, namun kemarin provinsi juga menawarkan kepada kita untuk dilaksanakan juga di kabupaten," terang Djamaluddin.

Pada prinsipnya BKPP Bengkalis juga siap untuk pelaksanaan SKB di Bengkalis. Tetapi kita menunggu keputusan dari BKN di mana pelaksanaannya di tentukan.

Sejauh ini perangkat untuk pelaksanaan CAT secara teknis sudah siap. Pihak BKPP Bengkalis sudah bekerjasama dengan pihak ketiga untuk menyediakan perangkatnya.

"Secara teknis kita sudah siap, tinggal menunggu jadwal pelaksanaannya saja lagi dari BKN," kata Djamal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00