Tim Stunting Keliling Kecamatan Perkenalkan Aplikasi e-HWD

KBRN, Bengkalis : Tim Koordinasi Percepatan Pencegahan Penanggulangan Stunting Kabupaten Bengkalis, akan keliling kecamatan untuk menggelar bimbingan teknis pembekalan pemanfaatan aplikasi e-HDW, dijadwalkan akhir Juni hingga awal Juli 2021.

“Insya-Allah sesuai agenda, mulai pekan keempat Juni, hingga awal Juli, kita akan membekali para Kader Pembangunan Manusia (KPM) stunding di setiap desa, terkait aplkasi e-HDW (e-Human Development Worker),” ungkap Ketua Tim Teknis Pencegahan dan Penanganan Stunting Kabupaten Bengkalis, Hadi Prasetyo, Sabtu (12/06/2021).

Menurut Hadi Prasetyo, pelaksanaan Bimtek bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan penguatan Kader Pembangunan Manusia (KPM) stunting dan aparatur desa, khususnya kepala desa untuk berperan aktif untuk mencegah dan penanggulangan masalah stunting. 

“Diharapkan melalui bimbingan teknis ini, kader maupun aparatur desa bisa berinovasi melakasnakan intervensi stunting di setiap desa masing-masing,” ungkap Hadi Prasetyo yang juga menjabat Kepala Bappeda. 

Dijelaskan Hadi Prasetyo, upaya penanganan stunting ini dilengkapi dengan pemanfaatan teknologi berbasis elektronik, yakni aplikasi e-HDW, sehingga sangat penting untuk dilakukan  bimtek untuk masing-masing kader dan aparatur desa.

“Sebagaimana diketahui, aplikasi e-HDW ini diluncurkan oleh Kementerian Desa PDTT, yang bertujuan untuk mempermudah tugas dan fungsi kader desa. Melalui aplikasi mobile ini, maka kader desa dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa”, jelas Hadi

Menurut Hadi Prasetyo, selanjutnya aplikasi eHDW tersebut, akan terintegrasi dengan sistem informasi EPPGBM (Elektronik Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) dr Kemenkes dan akan menjadi dasar dalam penetapan lokasi desa prioritas (Desa Merah Stunting) dan rekomendasi intervensi lintas sektor.(kominfo-bks)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00