LBH Ansor Kepri Laporkan Faisal Assegraf Atas Ujaran Kebencian

KBRN, Batam: Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Pemuda Ansor (LBH GP Ansor) Kepulauan Riau melaporkan pegiat media sosial Faizal Assegaf ke Polda Kepulauan Riau atas tuduhan dugaan ujaran kebencian, Rabu (9/11/2022). Faizal dianggap telah memfitnah kepada Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. 

“Sebagai kader Nahdlatul Ulama kami sangat tersakiti atas fitnah yang dilontarkan oleh Faizal. Maka dari itu melalui laporan ini kami ingin Faizal mempertanggungjawabkan ucapannya tersebut di hadapan hukum,” tegas Ketua LBH GP Ansor Kepri Dr. Alwan Hadiyanto, S.H., M.H., di Direskrimsus Polda Kepri yang diterima oleh Penyidik Krimsus Brigadir Polisi Muhammad Edo Pratama, S.H.

Alwan mengatakan, pelaporan tersebut dibuat buntut ujaran kebencian yang dilontarkan Faizal Assegaf melalui cuitannya beberapa waktu lalu yang patut di duga melanggar pasal 28 ayat (2) Undang-Undang ITE juncto pasal 45 a ayat (2) UU ITE juncto pasal 156 KUHP terkait ujaran kebencian antarkelompok dan golongan.

“Apapun bentuk penghinaan dan fitnah dan ujaran kebencian terhadap pimpinan dan kiyai, Ansor sebagai garda terdepan siap membela marwah sampai titik penghabisan”  ujar Rahmad Budi Harto, S.E., M.M. sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Provinsi  Kepulauan Riau melalui sambungan selulernya.

Selain itu, ia juga menilai cuitan yang dilontarkan tersebut juga berpotensi terjadinya adu domba antar pihak tertentu dan menjadi fitnah yang merugikan ketua umum PBNU.

Sebelumnya, Faizal Assegaf belakangan menyoroti Ketua Umum PBNU Gus Yahya hingga Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas di akun Twitternya @Faizalassegaf. Pada salah satu cuitannya, Faizal menuding Gus Yahya diduga menghina habib sebagai pengungsi, ini sangat disayangkan dan jika dibiarkan akan menjadi pembenaran publik terhadap opini yang di lontarkan di media sosial.