DPRD Usulkan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang

Ketua DPRD Pandeglang, Tb. Udi Juhdi menandatangani berita acara usulan pemberhentian dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang. (Dendy/RRI)

KBRN, Pandeglang: Setelah ditetapkan sebagai Pasangan Calon terpilih pada Pilkada 2020 lalu, Irna-Narulita-Tanto Warsono Arban langsung diusulkan pembehentian sebagai Kepala Daerah oleh DPRD Pandeglang. Usulan itu dilakukan melalui Rapat Paripurna, Rabu (24/2/2021) malam.

Paripurna itu sekaligus mengusulkan pengangkatan Pasangan Calon bupati dan wakil bupati terpilih Pilkada tahun 2020 yang menghasilkan petahana untuk kembali memimpin Pandeglang periode 2021-2026.

Baca juga: Irna-Tanto Ditetapkan Paslon Terpilih, Pelantikan Tunggu Pusat

Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang, Tb. Udi Juhdi memaparkan, dua usulan tersebut sesuai dengan amanat dari Kemendagri. Apalagi masa jabatan Irna-Tanto akan berakhir pada 23 Maret 2021 mendatang sehingga secara prosedur harus dilakukan usulan pemberhentian terlebih dahulu.

“Berdasarkan hal tersebut, diumumkan bahwa masa jabatan saudari Hj. Irna Narulita sebagai Bupati Pandeglang dan saudara H. Tanto Warsono Arban sebagai Wakil Bupati Pandeglang berakhir pada tanggal 23 Maret 2021,” kata Udi.

Menurutnya, setelah dilakukan paripurna legislatif akan segera bersurat kepada Pemprov Banten mengingat surat pengusulan itu ditujukan ke Kemendagri melalui Pemprov.

“Tinggal menunggu proses selanjutnya. Dan informasi yang kami terima bahwa untuk selanjutnya akan dilakukan pelantikan serentak dengan kabupaten kota lain pada April,” ujarnya.

Baca juga: Pelantikan Bupati Serang dan Wali Kota Cilegon Digelar Besok

Sementara Kepala Bagian Pemerintahan Setda Pandeglang, Bunbun Buntaran menerangkan, mengacu pada masa jabatan Irna-Tanto yang berakhir bulan depan, maka dipastikan Kemendagri akan menunjuk Pelaksana Harian (Plh) sampai dilakukannya pelantikan.

“Jadi nanti sesuai ketentuan Mendagri, bupati habis pada 23 Maret 2021, nantinya akan di Plh-kan oleh Sekda sampai dengan dilaksanakannya pelantikan sesuai SK dari Kemendagri. Tahapannya akan dilakukan ke gubernur,” bebernya.

Adapun Irna Narulita dalam sambutannya mensyukuri proses Pilkada Serentak tahun lalu berjalan lancar.

“Kita patut bersyukur bahwa pelaksanaan Pilkada bisa berjalan lancar, jujur dan adil. Suksesnya Pilkada tak lepas daripada peran berbagai pihak, terutama penyelenggara Pemilu,” ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00