FOKUS: #PILKADA 2020

Gelar Media Meeting, Ini Hasil Evaluasi Pilkada Bawaslu Serang

Logo Bawaslu Kabupaten Serang

KBRN, Serang: Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Serang melakukan evaluasi dari pelaksanan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020. Dari hasil evaluasi tersebut ada beberapa catatan yang perlu digaris bawah oleh Bawaslu kabupaten Serang.

“Misalnya untuk penanganan pelanggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang tahun 2020 mencatat ada total 27 pelanggaran. Dari jumlah tersebut ada 1 temuan dan 26 laporan masyarakat. Mungkin masyarakat diluar menuding bahwa Bawaslu kabupaten Serang tidak bekerja, karena temuan pelanggaran hanya 1, sedangkan laporan dari masyarakat 26 pelanggaran. Sayapun ketika belum ada di Bawaslu berfikiran seperti itu,”terang Komisiner Bawaslu Kabupaten Serang Divisi Pengawasan, Abdurahman, Rabu ( 23/12/2020).

Sedangkan, lanjut Oman jenis dugaan pelanggaran yang ditangani Bawaslu kabupaten Serang terbagi dalam dua jenis yakni pelanggaran administrative dan pelanggaran pidana. Pelanggaran adminitratif itu jumlahnya 14 dan pelanggaran pidana itu jumlahnya 13

“Atau kalua diporsentasekan untuk jenis pelanggaran admiistratif 48 persen dan pelanggarna pidana 52 persen. Sedangkan jenis pelanggaran kode etik tidak ditemukan dan pelanggaran lainnya juga nihil,” katanya.

Adapun dari seluruh pelanggaran yang diterima, Oman merinci ditindaklanjuti 5, dihentikan  21 dan diproses 1 kasus.

“Kenapa dihentikan, karena dalam menerima dan meindaklanjuti laporan ini Bawaslu juga melakukan klarifikasi ke berbagai pihak. Misalnya ada kasus temuan mi isntan, barangnya ada, orang yang nerima ada, tapi yang ngasih siapa atas mi instan tersebut. Ini menjadi persoalan buat Bawaslu,”terangnya.

Smentara itu Komsisioner Bawaslu Kabupaten Serang Divisi SDM Sulyantarudin mengaui masa tugas badan pengawas ad hoc pemilu berbeda-beda. Untuk pengawas tingkat TPS dan Desa itu berkahir seminggu setelah hari pencoblosan.

Sedangkan untuk Panwascam itu akan selesai tugasnya pada Januari- Februari tahun depan,”imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00