FOKUS: #PILKADA 2020

Ribuan APK yang Masih Terpasang Ditertibkan Petugas Gabungan

Petugas Gabungan Tertibkan Ribuan APK yang Masih Terpasang. (Dendy/RRI)

KBRN, Pandeglang: Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon (Paslon) peserta Pilkada Pandeglang tahun 2020 yang masih terpasang di masa tenang, ditertibkan oleh petugas gabungan dari Bawaslu dan Satpol PP.

Kordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Pandeglang, Iman Ruhmawan mengatakan, penertiban alat peraga kampanye dilakukan karena saat ini sudah memasuki masa tenang. Dari hasil penertiban itu, Bawaslu dan Satpol PP sudah menurunkan ribuan APK yang masih terpasang.

Baca juga: 800 Polisi Amankan Masa Tenang Pilkada Pandeglang

“Yang ditetapkan oleh KPU itu sebanyak 4.032 APK. Tetapi di lapangan ada juga Alat Peraga Kampanye yang dicetak oleh relawan maupun simpatisan. Tetapi, pada hari ini kita tertibkan semua. Penertiban dilakukan dihari tenang mulai dari tanggal 6 sampai 8 Desember,” kata Iman, Senin (7/12/2020).

Dia menjelaskan, semula Bawaslu memproyeksikan dalam waktu satu hari seluruh APK yang ada di 35 kecamatan di Kabupaten Pandeglang bisa ditertibkan. Namun karena ada beberapa kendala di lapangan, sehingga target itu belum bisa dilakukan.

Baca juga: Bawaslu Pandeglang Tindak 1.307 Pelanggaran APK

“Harapannya sih satu hari selesai. Tapi, selain cuaca juga medannya sulit dijangkau oleh kendaraan. Jadi ditertibkan secara bertahap,” ucapnya.

Sebelumnya tim kampanye masing-masing Paslon sudah diingatkan untuk menertibkan sendiri APK-nya ketka memasuki masa tenang. Namun penertiban terpaksa dilakukan setelah imbauan itu tidak diindahkan oleh peserta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00