Pilkada Serentak di Banten Dipantau Puluhan Relawan

Koordinator Umum JRDP, Ade Bukhori Akbar (kiri) dan Koordinator Pemantau JRDP Pandeglang, Febri Setiadi. (Dendy/RRI)

KBRN, Pandeglang: Jaringan Rakyat untuk Demokrasi dan Pemilu (JRDP) menyiapkan puluhan relawan yang akan memantau jalannya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ditiga kabupaten kota di Banten. Ketiga daerah itu meliputi Pilkada Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Pilkada Kota Cilegon.

Koordinator Umum JRDP, Ade Bukhori Akbar menyebut, sebanyak 90 relawan akan disebar ditiga wilayah tersebut.

"Kami sebar 90 relawan pemantau ditiga wilayah, Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Kota Cilegon," ujarnya, Rabu (2/12/2020).

Baca juga: 2.178 Calon KPPS di Pandeglang Diduga Terafiliasi dengan Salah Satu Paslon

Ade menjelaskan, pengerahan relawan pemantau tersebut merupakan upaya JRDP untuk memperbaiki demokrasi saat ini. Terlebih penyelenggaraan Pilkada tahun ini memiliki berbagai kerawanan yang perlu diantisipasi supaya jalannya pesta demokrasi kali ini berkualitas.

"Yang kami lakukan untuk menjadi bagian memperbaiki demokrasi," sambungnya.

Dari puluhan relawan itu, paling banyak akan disebar di Kabupaten Pandeglang. Pasalnya, Pandeglang memiliki indeks kerawanan yang lebih tinggi dibanding 2 daerah lainnya. Apalagi Pandeglang juga memiliki area pemantauan yang paling luas.

Koordinator Pemantau JRDP Pandeglang, Febri Setiadi, pihaknya menerjunkan sekitar 55 relawan pemantau yang akan fokus mengawasi di 23 kecamatan. 

Baca juga: Bawaslu Pandeglang Tindak 1.307 Pelanggaran APK

"Setiap kecamatan nantinya akan diawasi oleh 2 hingga 3 orang," sebut Febri.

Hanya untuk kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, JRDP tidak melibatkan semua kecamatan. JRDP akan fokus mengawasi proses Tungsura di 10 TPS yang dinilai paling rawan. Namun 10 TPS itu masih dipetakan oleh relawan.

"Untuk kegiatan Tungsura, tidak semua kami libatkan. Karena kami ingin fokus di 10 TPS yang dianggap rawan," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00