FOKUS: #VAKSIN COVID-19

KPU Banten Soroti Partisipasi Publik dalam Penyajian Data Pemilih

Suasana

KBRN, Serang: Partisipasi Publik masih menjadi catatan penting dan harus diperhatikan oleh penyelenggara pemilu dalam pemutakhiran data pemilih. Pasalnya partisipasi publik diperlukan guna mendukung data pemilih yang disajikan penyelenggara pemilu lebih berkualitas. 

Komisioner KPU provinsi Banten Agus Sutisna mengakui ada beberapa catatan yang harus dipehatikan KPU Kota Serang dalam menyajikan data pemilih berkelanjutan tahun 2020. Apalagi Kota Serang menjadi daerah percontohan nasional dalam sajian DPTB. "Paling tidak ada lima evaluasinya untuk KPU Kota Serang. Satu yang paling penting adalah partisipasi partai politik," kata Agus disela Rapat Evaluasi Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2020 KPU Kota Serang, Senin (23/11/2020). 

Salah satu partisipasi publik yang menjadi penting, lanjut Agus peran serta dari partai politik. Karena selama ini belum semua  partai yang peduli terhadap kegiatan kegiatan penyelengggara pemilu seperti penyajian daftar pemilih tambahan. "Misalnya dalam rapat di KPU berapa parpol yang hadir. Makanya kami mendorong agar Parpol berperan, karena mereka juga sangat berkepentingan dalam penyajian data pemilih," papar Agus. 

Selain itu, Agus juga mendorong agar kerjasama KPU dengan pemerintah dalam   sinkronisasi data pemilih lebih ditingkatkan. Dengan demikian setiap data pemilih yang disajikan oleh KPU di lebih berkualitas. "Tinggal bagaimana Pemda memberikan suporting anggaran ini lebih ditingkatkan. Meski diakui saat ini kerjasama itu sudah baik," terangnya. 

Komisioner KPU Kota Serang Nanas Nasihudin mengakui, pihaknya mendorong keterlibatan publik, utamanya partai politik agar lebih meningkat lagi kedepan. Salah satu upayanya yakni dengan mendatangi sekretariat parpol dalam mensosialisasikan program program KPU. "Kami mencoba melakukan kunjungan langsung ke sekretariat partai politik. Aldian itu dalam kesempatan rakor bulanan juga Ki mengundang Parpol," jelasnya. 

Adapun terkait, masukan yang disampaikan oleh KPU Banten, Nanas mengaku akan menindaklanjutinya dengan segera. Bahkan kerjasama dengan pemerintah akan diintensifkan dalam mendongkrak penyajian data yang lebih baik lagi. "Masukan dari KPU Banten ini menjadi catatan penting KPU. Segera akan Ki tindaklanjuti," tegas Nanas. 

Sementara itu Kepala Bidang PIAK Disdukcapil Kota Serang Apay Supriadi mengapresiasi atas penilaian tertinggi nasional KPU Kota Serang dalam penyajian DPTB. "Untuk itu kami juga berkomitmen untuk mendukung upaya ini. Salah satunya yakni melalui MoU yang sudah terjalin dengan KPU Kota Serang," tukas Apay.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00