FOKUS: #PILKADA 2020

Debat Pilkada Pandeglang Digelar Dua Tahap, Dimulai 23 November

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai (Dendy/RRI)

KBRN, Pandeglang: Debat kandidat pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati pada Pilkada Kabupaten Pandeglang 2020, akan dimulai pada 23 November 2020 mendatang. Debat tersebut rencananya akan disiarkan melalui salah satu televisi nasional.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Ahmad Sujai menuturkan, debat tersebut merupakan debat tahap pertama. Diwacanakan, debat kandidat akan dilangsungkan selama dua tahap. Sisanya, pada tanggal 4 Desember 2020.

“Kalau melihat dari anggaran, kami hanya melaksanakan debat sebanyak dua kali. Pertama tanggal 23 November dan kedua 4 Desember 2020,” katanya, Senin (9/11/2020).

Sujai membeberkan, debat kandidat nanti, masing-masing Paslon akan membahas mengenai strategi meningkatkan kesejahteraan masyarakat; memajukan daerah; meningkatkan pelayanan masyarakat; menyelesaikan persoalan daerah; menyelarasikan pembangunan pusat, kabupaten, kota dan provinsi; strategi memperkokoh NKRI; dan masalah penanggulangan Covid-19. Materi debat itu lanjut Sujai, sudah diatur dalam PKPU Nomor 13 tahun 2020.

"Bisa dimasukkan dalam sub topik jadi moderator bisa mengelaborasi untuk pertanyaan hal terkait Covid-19," kata dia.

Dia menegaskan, pelaksanaan debat kandidat tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. KPU akan membatasi jumlah orang yang menghadiri debat sesuai PKPU Nomor 13 tahun 2020.

“Penyelenggara hanya mengizinkan Paslon, Tim Kampanye sebanyak 7 orang, dan anggota KPU Pandeglang maupun Banten yang diizinkan mengikuti debat,” terangnya.

Adapun teknis debat, akan berlangsung sekitar 120 menit. Dengan rincian 90 menit untuk pelaksanaan debat. Kemudian 30 menit sisanya diisi dengan iklan layanan masyarakat dari KPU.

“Soal teknis debat, mulai sesi pertanyaan atau tanggapan itu jelasnya ada di panitia," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00