DPS Pilkada Pandeglang Ditetapkan 898.189 Jiwa

Ilustrasi (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)

KBRN, Pandeglang: Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang memiliki hak suara untuk pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pandeglang Desember 2020 mendatang, tercatat sebanyak 898.189 jiwa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang menyebut jumlah itu terdiri atas 461.395 pemilih laki-laki dan 436.794 pemilih perempuan.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pandeglang, Ahmadi mengatakan, data yang sudah tercatat di DPS itu nantinya bakal dipajang disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau lokasi yang bisa terjangkau oleh masyarakat.

“Tujuannya, supaya masyarakat bisa mengawal untuk memastikan bahwa dirinya sudah tercatat untuk memberi hak suara pada 9 Desember mendatang,” katanya, Rabu (16/9/2020).

Dia menjelaskan, apabila ada masyarakat belum tercatat dalam DPS, bisa melakukan koordinasi terhadap petugas supaya hak pilihnya pada Pilkada bisa terpenuhi.

Ia menerangkan, jumlah DPS yang saat ini ditetapkan masih bisa bertambah. Sebab, masih ada proses perbaikan sehingga belum dinyatakan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Maka apabila ada masyarakat yang tidak tercatat dalam DPS, bisa melakukan pendaftaran melalui portal KPU dan hanya tinggal menyertakan NIK yang dimana nantinya akan secara langsung tersinkronisasi dengan tempat untuk memilih.

"Kalau melindungi hak pilih itu penting, karena di situ juga nanti disampaikan sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK)," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00