Hasil Tes Kesehatan Dua Bapaslon Pilbup Pandeglang Dinyatakan Memenuhi Syarat

KPU Pandeglang saat menggelar konfrensi pers di Kantor KPU Pandeglang (Dendy/RRI)

KBRN, Pandeglang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang mengumumkan hasil kesehatan dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang tahun 2020.

Dua kandidat yakni pasangan Irna Narulita–Tanto Warsono Arban dan Thoni Fathoni Mukson–Miftahul Tamamy dinyatakan memenuhi syarat secara jasmani dan rohani untuk memimpin daerah.

Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Ahmad Sujai menjelaskan, dari hasil pemeriksaan kesehatan yang disampaikan oleh tim dokter, keduanya dinyatakan sehat sehingga berhak untuk melanjutkan tahapan berikutnya.

“Hasil keputusan itu sudah sesuai dengan Keputusan Ketua KPU RI Nomor 412/PL.02.2-Kpt/06/KPU/IX/2020, tentang Pedoman Teknis Standar Kemampuan Jasmani dan Rohani serta Standar Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani, dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020,” terangnya, Senin (14/9/2020).

Namun soal hasil rekam medis, penyelenggara Pemilu tidak bisa menginformasikan ke publik karena hal itu merupakan informasi yang dikecualikan, sama seperti transkrip ijazah dan dokumen B-1.KWK Perseorangan yang tergolong dokumen rahasia.

“Sesuai ketentuan, ada tiga item dokumen yang dikecualikan yakni daftar nilai di ijazah, hasil rikes dan dokumen B-1.KWK Perseorangan,” ujarnya.

Seperti diketahui, proses pemeriksaan kesehatan dua Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang 2020 dilaksanakan selama dua hari yakni pada 9–10 September 2020 di RSUD Berkah, Pandeglang.

“Pemeriksaan itu melibatkan tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pandeglang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Banten dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Banten,” tandasnya.

Setelah proses tersebut, nantinya pada tanggal 23 September 2020 mendatang, KPU akan menetapkan Pasangan Calon. Sehari kemudian, penyelenggara Pemilu akan mengundi dan mengumumkan nomor urut pasangan calon sebelum mereka memulai kampanye pada tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00