Rider BMX Asal Banten, Heru Anwari Kembali Berjaya di Australia

Heru Anwari (kanan) meraih juara tiga dalam kompetisi Skatepark League Series ke-2 di Melbourne, Australia. (Istimewa)

KBRN, Serang: Heru Anwari, rider BMX asal Kota Serang, Banten, kembali mengantongi medali dari kejuaraan BMX internasional. Kali ini, dia meraih juara tiga di kompetisi Skatepark League Series ke-2 di Riverside Skatepark, Kota Melbourne, Australia yang dihelat pada akhir pekan lalu.

Heru yang merupakan spesialis trik flatland, berhasil mengundang decak kagum dari penonton olahraga ekstrem itu. Dia hanya kalah dari Nathan Freeman yang bertengger diposisi pertama dan Brandon Vannee yang keluar sebagai juara kedua.

Kemenangan Heru ini karena memadukan trick street technical dengan flatland yang menjadi ciri khasnya.

Baca juga: Banten Sumbang 15 Medali Untuk Kontingan Indonesia di SEA Games Filipina

Bagi Heru, ini adalah gelarnya yang kelima diajang tersebut. Karena sejak tahun 2017, dia selalu mendapat apresiasi dari juri maupun penonton di Melbourne. Tahun lalu, meskipun tidak mendapat juara, namun Heru tetap mendapat penghargaan khusus lantaran memberi penampilan yang berkesan.

Kepada RRI pria berambut keriting itu menceritakan bahwa keikutsertaannya diajang tersebut tanpa persiapan sama sekali. Soalnya, semula Heru hanya berniat untuk menonton kejuaraan tersebut. Namun tiba-tiba, dia malah diajak untuk mengikuti lomba oleh peserta dan penonton yang hadir.

"Saya bersama tim Penumbra BMX yang juga stay di Melbourne berangkat ke lokasi dan melihat keseruan para peserta lomba Skatepark League, dan beberapa rider yang saya kenal sudah di sana dan sedang warming up. Salah seorang dari mereka menyeru pada saya: “Hey, Heru! Ayo ikutan lomba ini!” kenang Heru, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Jelang Peparnas 2021, Penyandang Disabilitas di Banten Kesulitan Dapat Sarana Olahraga yang Layak

Namun peruntungannya itu malah berbuah hasil. Heru kembali menyedot perhatian juri dan penonton karena manuvernya di atas sepeda memberi atmosfer berbeda di lomba. Mengingat hanya segelitir peserta yang mampu menguasai teknik flatland seperti Heru.

"Tanpa saya sangka akhirnya saya bisa mendapatkan 3rd bronze medal, sedangkan juara pertama dimenangkan oleh Nathan Freeman dan posisi kedua diduduki oleh Brandon Vannee, nama Heru anwari disebut sebagai juara ketiga. Saya sangat senang dan mensyukurinya," kata pemeran Firman di sinetron Go BMX itu.

Heru selama ini memang dikenal sebagai salah satu rider andalan Indonesia dalam berbagai kejuaraan BMX level internasional. Kelihaiannya dalam bermanuver di atas sepeda BMX, membuat Heru telah diganjar puluhan penghargaan.

Tercatat dia pernah menjuarai BMX Flatland The Australian BMX Flatland Open Championships 2017. Juara pertama Indonesia International Urban Sport Festival tahun 2013, Juara 4 Flatdev 2012 Malaca Malaysia. Tahun 2014 di World Circuit Final Flatpark di Kobe Japan, dia mendapat peringkat 24 di kelas Pro.

Baca juga: Tinton Soeprapto Tertarik Bangun Sirkuit Kelas Dunia di Pandeglang

Berbagai raihan menterengnya itu, Heru pun dikontrak oleh perusahaan sepeda terbesar di Indonesia. Termasuk disponsori perusahaan sepatu lokal ternama hingga perusahaan elektronik dan perangkat keras asal Taiwan.

Kini Heru sedang menetap di Negeri Kangguru sejak lima tahun lalu. Selain masih aktif menekuni BMX, dia juga sedang fokus mengurus blog pribadinya yang diberi nama heruanwari.com. Bahkan dia juga mengaku sedang menggarap buku biografi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00