Jelang Peparnas 2021, Penyandang Disabilitas di Banten Kesulitan Dapat Sarana Olahraga yang Layak

Sejumlah penyandang disabilitas di Banten usai melakoni latihan Tenis (Istimewa)

KBRN, Serang: Jelang pelaksanaan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021, penyandang disabilitas di Banten masih kesulitan mendapat sarana olahraga yang memadai.

Kondisi ini disayangkan oleh Komunitas Area Disabilitas (Koreda) Banten. Padahal Koreda menilai, Peparnas bisa menjadi salah satu ajang pembuktian bahwa penyandang disabilitas juga dapat berprestasi.

"Melihat agenda Peparnas yang akan datang di 2021, banyaknya atlet disabilitas ditiap cabang olahraga, tetapi tidak sejalan dengan fasilitas yang digunakan. Padahal ketika fasilitas yang baik, akan sangat baik juga membawa nama baik Pemprov Banten sendiri," kata Ketua Koreda Banten, Moch. Ridwan, Kamis (30/7/2020).

Ridwan menilai, pemerintah belum serius dalam memenuhi hak sehat bagi penyandang disabilitas. Ridwan mengatakan, banyak fasilitas olahraga di Banten yang belum mendukung aksesibilitas kaum disabilitas.

"Sampai sejauh ini Pemprov Banten belum memperhatikan itu. Karena kurangnya fasilitas yang menunjang buat para atlet untuk latihan," keluhnya.

Ridwan berharap, pemerintah segera membenahi sarana olahraga bagi penyandang disabilitas. Hal itu seiring pula dengan keinginan Koreda agar Banten menjadi provinsi yang ramah disabilitas.

"Harapan saya kedepannya semoga dengan ini Pemprov Banten mampu memperhatikan kebutuhan bagi penyandang disabilitas apalagi menyangkut prestasi mereka dan juga Pemprov Banten sendiri," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00