Lendy Herlambang Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPC PMPB Kota Serang

KBRN, Serang : Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persilatan Macan Paku Banten (PMPB) Provinsi Banten, Sugiana melantik Lendy Herlambang menjadi ketua DPC PMPB Kota Serang periode 2020-2023 di salah satu Rumah Makan di Kota Serang, Sabtu (4/7/2020).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PMPB Provinsi Banten Sugiana mengatakan, tujuan dibentuknya pengurus DPC PMPB Kota Serang tersebut, untuk mempertahankan dan melestarikan budaya pencak silat yang ada di Banten.

"Kalau kegiatan hari ini adalah kegiatan pengukuhan DPC Persilatan Macan Paku Banten (PMPB) Kota Serang, yang bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia khususnya budaya di Banten. Jangan sampai budaya yang ada di Banten tenggelam ditelan jaman. Apalagi, merdekanya Banten ini bukan pemberian. Namun, hasil dari perjuangan yang dilakukan oleh para ulama dan jawara yang ada di Banten salah satunya yakni perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa dalam membasmi dan mengusir para penjajah di tanah Banten," kata Sugiana disela-sela acara pelantikan tersebut.

Sugiana menyampaikan, keterlibatan para pendekar yang ada di Banten dalam melawan penjajah sangat penting. Terutama dalam melindungi para ulama dan para tokoh yang ada di Banten dari serangan para penjajah.

"Maka semua anggota PMPB yang ada di Banten harus dapat melindungi para ulama dan harus menjadi anggota yang mampu bela Negara dan menjadikan NKRI harga mati,"tegasnya.

Sementara itu, Dewan Pembina DPC PMPB Kota Serang Dedi Sunardi berpesan kepada pengurus dan anggota yang baru dilantik agar dapat bersama-sama membesarkan nama PMPB dan melestarikan budaya pencak silat yang ada di Banten.

"Kalau dulu pendekar itu merupakan bagian daripada melawan para penjajah untuk merebut kemerdekaan. Kalau sekarang kita sebagai generasi penerus harus dapat mempertahankan itu. Kalau soal jaga ulama itumah dari dulu sudah dilakukan, bahkan ulamanyapun pendekar. Maka tugas kita sekarang sebagai penerus adalah menjaga dan melestarikan budaya pencak silat yang ada di Banten," ucap Dedi.

Dedi menyampaikan, para pendekar PMPB harus menerima dan mendengar nasehat dari para ulama dan kiyai yang ada di Banten. Agar langkah para pendekar dalam menjaga dan melestarikan budaya pencak silat di Banten tidak melenceng dan berpegang teguh terhadap ajaran Agama Islam.

"Pendekar ini harus mendapatkan wejengan dari para ulama dan kiyai. Sehingga, para pendekar langkahnya tidak terlalu jauh melenceng dan berpegang teguh terhadap ajaran Agama Islam dalam membela NKRI,"tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPC PMPB Kota Serang Lendy Herlambang mengaku akan merubah PMPB Kota Serang menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Salah satunya yakni, melakukan silaturahmi dengan para tokoh peguron yang ada di Banten.

"Kita akan merubah penilaian masyarakat terhadap sebuah Lembaga agar menjadi lebih baik lagi. Bahwa PMPB ini dibentuk untuk menjaga dan melestarikan budaya pencak silat Macan Paku Banten. Dengan cara melakukan silaturahmi dengan para tokoh peguron yang ada di Banten dan mengenalkan budaya pencak silat kepada anak muda sebagai penerus bangsa," ujar Lendy.

Lendy menyampaikan, banyak program yang akan dilakukan oleh pengurus DPC PMPB Kota Serang dalam menjaga dan melestarikan budaya pencak silat yang ada di Banten.

"Yang jelas banyak hal yang akan kita lakukan kedepan dalam menjaga dan melestarikan budaya pencak silat yang ada di Banten. Terutama dalam memberikan pemahaman terhadap generasi penerus tentang budaya Persilatan Macan Paku Banten,"tandasnya.

Untuk diketahui, Pencak silat merupakan Seni Bela Diri warisan para leluhur nusantara yang tersebar di banyak daerah dengan kekhas dongengnya dan kisah nyata para pendekarnya. Seiring berjalanya waktu, keberadaan bela diri pencak silat ini sudah mulai kurang diminati, terutama generasi muda. Padahal di dalam pencak silat tersirat nilai-nilai luhur tentang kehidupan yang patut terus diwariskan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00