Kontingen PON Banten Dibubarkan, Atlet Diguyur Bonus

Pemprov Banten memberi bonus bagi atlet yang berprestasi di PON XX Papua. (Istimewa)

KBRN, Serang: Kontingen Banten yang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua resmi dibubarkan. Pembubaran dipimpin Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy di GOR KONI Banten, di Kota Serang, Selasa (9/11/2021) pagi. 

Pembubaran itu juga dibarengi dengan pemberian bonus bagi atlet berprestasai, sesuai yang sudah dijanjikan Pemprov Banten sebelum para atlet berangkat ke Bumi Cendrawasih.

Pada gelaran PON XX Papua, Kontingen Banten menempati posisi ke 14 klasemen akhir dengan raihan 10 medali emas, 15 perak, dan 26 perunggu.

Baca juga: Pemprov Janjikan Bonus Bagi Atlet Banten yang Berprestasi di PON Papua

Para peraih medali emas, mendapatkan bonus sebesar Rp200 juta. Untuk peraih perak sebesar Rp150 juta, kemudian untuk peraih perunggu sebesar Rp75 juta.

Kadeudeuh atau bonus tersebut tidak hanya dibagikan kepada para atlet melainkan juga diberikan kepada pelatih, ofisial, manajer yang turut memberi sumbangsih atas raihan medali.

Wagub Banten Andika Hazrumy mengatakan, penghargaan diberikan kepada patriot olahraga Banten yang telah mengharumkan nama daerah di kancah PON XX Papua. Bonus pantas diberikan karena menurut Wagub persiapan Banten sangat minim namun para atlet sudah menunjukkan semangat dan prestasi meraih medali. 

Baca juga: PON Papua Berakhir, Banten Gagal Penuhi Target 10 Besar

Wagub juga mengaku akan melakukan evaluasi setelah pelaksanaan PON XX Papua, baik dari segi persiapan, pembinaan dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten Ahmad Syaukani mengatakan Pemprov Banten sebelumnya telah menganggarkan sebesar Rp11,1 miliar untuk memberi penghargaan kepada seluruh atlet Banten yang berprestasi di PON XX Papua ini.

“Ini bentuk apresiasi pemerintah daerah, terhadap para atlet, pelatih, dan ofisial yang telah mengharumkan nama daerah. Kita kan tidak bisa menafikan jika mereka telah berjuang untuk mengharumkan nama Banten, jadi ini suatu perhatian kepada mereka,” tuturnya.

Baca juga: Atletik Banten Gagal Raih Medali di Hari Terakhir PON Papua

Sementara, Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo mengaku bangga dan berterima kasih atas kerja keras para atlet dan ofisial selama di PON XX lalu. 

"Saya mengingatkan agar para atlet dan ofisial kembali mempersiapkan diri menuju PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh tahun 2024 nanti," pesannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar