FOKUS: #PON XX PAPUA

Paralayang Jaga Tradisi Emas Banten di PON XX Papua

KBRN, Jayapura: Cabang olahraga (Cabor) Paralayang Banten meneruskan tradisi emas diajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Kelas Ketepatan Mendarat (KTM) tandem atas nama Irvan Winarya dan Mulayana.

Bukan hanya itu, Cabor ini juga turut menyumbangkan empat perak bagi kontingen Banten dari kelas KTM Solo Putra atas nama Irvan Winarya dan kelas KTM Solo Beregu Putri atas nama Renita dan Novia. 

Baca juga: Cabor Layar Dominasi Kontribusi Emas bagi Banten

Lalu dari kelas KTM tandem atas nama Aris dan Rizki dan perak lainnya dari nomor KTM beregu atas nama Irvan/Mulyana, Asep/Risma, dan Aris/Rizki.

Menanggapi perolehan medali tim Paralayang Manajer Paralayang Asep Renggana didampingi pelatih Ari Pyayogo mengatakan paralayang telah menjaga tradisi meraih medali untuk perhelatan PON. 

"Sebenarnya kami menargetkan emas lagi di nomor KTM solo. Namun kami akhirnya hanya bisa meraih medali perak saja di kelas tersebut," jelas Asep Renggana, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Atletik Sumbang Emas Kesembilan Untuk Banten

Pria yang akrab disapa Areng itu mengakui saat berlomba cuaca berubah-ubah. Hal itu dianggap menyulitkan atlet saat berlomba. Namun dengan segala keterbatasan serta persiapan yang minim akhirnya Paralayang berhasil meraih 1 medali emas dan 4 perak.

"Perjuangan anak-anak luar biasa. Atlet dari provinsi lainnya datang ke venue jauh-jauh hari dan berlatih. Kami hanya kisaran dua minggu melakukan penyesuaian dan berhasil meraih 1 emas dan 4 perak," jelasnya. 

Hasil ini diakui Asep secara pribadi belum memenuhi ekspektasinya yang sebelumnya menargetkan bisa membawa pulang dua emas. Namun ia mengapresiasi penampilan maksimal atletnya.

"Terimakasih atas dukungan kepada kami. Untuk PON mendatang saya berharap bisa lebih maksimal," tutupnya. 

Baca juga: Tambah Dua Emas, Banten Tembus 10 Besar Klasemen Sementara

Sementara itu Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo bangga atas raihan tim Paralayang yang konsisten menyumbangkan medali untuk Banten. Ia berharap pada PON 2024 mendatang Paralayang dapat tampil maksimal dan menyumbangkan banyak emas. 

"Terimakasih atas perjuangan atlet Paralayang selama berlomba di PON Papua," tegasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00