Pemuda Citeureup Kembangkan Wisata Mangrove Dipenyangga KEK Tanjung Lesung

KBRN, Pandeglang : Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis Putri Gundul Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, menyulap sebuah kampung menjadi objek wisata yang menjanjikan.

Pokdarwis Putri Gundul menggarap taman wisata Kampung Mangrove di Kampung Patikang, Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang.

Sejatinya kampung ini adalah salah satu daerah penyangga atau buffer zone Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Namun begitu, sayangnya kampung tersebut nampak kumuh karena rendahnya kesadaran masyarakat menjaga lingkungan.

Padahal kampung itu dikelilingi oleh pohon mangrove yang apabila dikelola dengan baik, maka bisa menjadi destinasi wisata yang menarik.

Oleh karenanya, pegiat wisata Putri Gundul tertarik untuk mengembangkan potensi tersebut agar bisa meningkatkan perekonomian warga Kampung Patikang.

"Ya saat ini masih berperoses, mudah-mudahan segera jadi," kata Ketua Pokdarwis Putri Gundul, Deden Sudiana, Minggu (9/6/2019).

Deden menjelaskan, nantinya dia bersama rekan-rekan di Pokdarwis Putri Gundul, berencana mengembangkan wisata taman mangrove Kampung Patikang seperti taman mangrove di Kampung Nipah Sumatera Utara yang menjadi wisata edukasi masyarakat. 

"Kami berharap semua pihak ikut membantu mensukseskan rencana para pemuda di Desa Citeureup ini, agar perekonomian masyarakat di buffer zone KEK Tanjung Leusng dapat meningkat," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar