Kadin Diminta Fokus Garap Sektor Lain di Luar Konstruksi

Musyawarah Kabupaten (Muskab) Ke-IX Kadin Pandeglang Tahun 2022 disalah satu hotel di Pandeglang, Selasa (9/8/2022). (RRI/Dendy)

KBRN, Pandeglang: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pandeglang diminta untuk melirik sektor lain dalam fokus kerjanya. Sebab selama ini, Kadin dinilai hanya fokus pada sektor konstruksi. Padahal Pandeglang mempunyai potensi lain yang bisa digali.

Hal itu diutarakan Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Lebak-Pandeglang, Rizki Aulia Natakusumah saat menghadiri Musyawarah Kabupaten (Muskab) Ke-IX Kadin Pandeglang Tahun 2022 disalah satu hotel di Pandeglang, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: Era Baru Kadin Pandeglang Setelah Dilantiknya Aab Abdullah

Rizki menjelaskan, beberapa yang bisa difokuskan oleh Kadin adalah sektor pariwisata dan industri. Sebab dalam 10 tahun kedepan, perindustrian di Pandeglang diproyeksi akan mengalami pertumbuhan yang pesat karena saat ini Pandeglang sudah memiliki kawasan industri.

"Kedepan kita harap Kadin tidak hanya fokus dibidang konstruksi, tapi juga membangun pariwisata, perindustrian di Pandeglang InsyaAllah 10 tahun kedepan akan bangkit. Nah ini kita berharap peranan besar dari Kadin," katanya.

Rizki menerangkan, generasi muda menaruh harapan besar terhadap Kadin. Organisasi ini diharapkan bisa memfasilitasi dan berkolaborasi tidak hanya dengan Pemerintah Daerah, tapi juga seluruh elemen masyarakat.

Baca juga: Kadin Diminta Bantu Pemda Pulihkan Ekonomi

"Saya yakin dan optimistis, Kadin berperan dalam memajukan Pandeglang. Mengingat Kadin memiliki peran penting dalam pembangunan karena tidak hanya sebagai mitra kerja pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat," tegasnya.

Sementara Ketua Kadin Pandeglang, Endin Fahrudin mengakui selama ini organisasinya lekat dengan stigma sebagai pengusaha konstruksi yang bersumber dari APBD. Satu sisi, dia juga menyadari Pandeglang memiliki potensi lain yang bisa digali.

"Salah satu tugas besar Kadin Pandeglang untuk membangkitkan dua sektor, pertanian dan pariwisata. Tugas besar kami adalah bagaimana untuk membangkitkan dua sektor itu," sebutnya.

Selain itu, sektor industri juga menjadi perhatian Kadin untuk mendorong suksesnya Kawasan Industri Pandeglang dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Baca juga: Banten Catat Pertumbuhan Ekonomi Impresif di Triwulan II 2022

"Apalagi adanya Tol Serang-Panimbang kami kira juga bisa menjadi potensi besar untuk membuka ekonomi Pandeglang," terangnya.

Lebih jauh pria yang akrab disapa Ate ini menjelaskan, pasca-Rapat Kerja (Raker) pihaknya akan membedah lebih detail ihwal dua potensi besar yang menjadi skala prioritas Kadin, yakni sektor pertanian dan pariwisata.

"Kami akan membangun komunikasi dengan semua stakeholder untuk bagaimana membangun sinergi dan menggali dua sektor itu (pertanian dan pariwisata). Jangka panjangnya, salah satu kinerja Kadin Pandeglang, pasca-Raker kami akan membedah dua potensi besar itu," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar