Minyak Mahal, Ibu-ibu PKK di Pandeglang Olah Kelapa Jadi Minyak Goreng

Ibu-ibu PKK Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang sedang mengolah kelapa menjadi minyak goreng. (Istimewa)

KBRN, Pandeglang: Ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, mengolah minyak kelapa atau klentik menjadi minyak goreng.

Hal ini dilakukan karena harga minyak goreng dipasaran yang masih tinggi, juga ketersediaannya yang terbatas.

Baca juga: Dukung Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi, Bupati Irna: Masyarakat Jangan Ribet

Ketua PKK Kelurahan Cigadung, Neng Eha mengatakan, olahan minyak goreng itu dibuat dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam berupa kelapa yang cukup melimpah di wilayah tersebut. Kemudian hasilnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Karena ibu-ibu di masyarakat kami itu panik harga minyak goreng tinggi, terus saya berinovasi untuk kembali lagi ke zaman dulu nenek moyang kita dulu bikin minyak dari kelapa. Tidak ada salahnya lah kita membuat minyak goreng dari kelapa untuk memperingan ekonomi kita juga gitu," jelasnya.

Baca juga: Banten Dapat Jatah Minyak Goreng Curah 11 Ton

"Hasil produksi minyak kelapa ini untuk digunakan memasak sehari-hari selain itu sisanya dibagikan ke orang yang membutuhkan, kedepannya sih hasil produksi minyak ini mau dijual kalau ada pemesanannya," sambung Eha.

Sementara Camat Karangtanjung, Ratu Tanti Darmiasih mengapresiasi kegiatan ibu-ibu PKK dalam memproduksi minyak goreng dari kelapa. Menurutnya, kegiatan tersebut salah satu bentuk pemberdayaan.

Baca juga: Stok Minyak Goreng di Tangerang Diklaim Aman Sampai Lebaran

Apalagi persoalan minyak goreng sampai saat ini belum juga usai walaupun harganya sudah diturunkan. Sebab, sebagian masyarakat masih menganggap harga saat ini terlalu tinggi. Dia berharap, kegiatan tersebut dapat mendukung peningkatan ekonomi keluarga.

"Yang pastinya saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang dilaksanakan oleh ibu-ibu PKK dan yang pastinya dengan adanya kegiatan ini juga mendukung peningkatan ekonomi keluarga," sanjung camat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar