FOKUS: #PPKM

Stok Aman, Harga Sembako di Banten Diklaim Mulai Turun

Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Banten Babar Suharso, bersama Kepala Bidang Bidang Keterjangkauan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Wiwi Yulyani Saptawianti dalam dialog di studio produksi RRI Banten, Rabu (29/6/2022). 

KBRN, Serang: Masyarakat di provinsi Banten dihimbau tidak panik menghadapi baiknya kebutuhan sembako jelang hari raya Idul Adha. Apalagi berdasarkan pantauan sejumlah komoditi saat ini mengalami penurunan harga. "Masyarakat tak usah panik atas kenaikan harga sembako. Karena di tingkat petani cabe sudah mulai panen dan saat ini mulai awal Juli ini sudah normal," ucap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Banten Babar Suharso, dalam dialog di studio produksi RRI Banten, Rabu (29/6/2022). 

Babar menyebut sejumlah komoditi sembako yang sudah turun yakni cabai hingga telur. Dimana untuk cabai keriting di pasar terpantau harganya Rp100.000/perkilogram dari harga sebelumnya mencapai Rp120. 000/perkilogram. Sedangkan untuk harga telur ayam saat ini relatif turun Rp2500-3000 dari harga sebelumnya mencapai Rp30.000. "Kami terus melakukan pemantauan di 8 titik pasar di Kab/ Kota di Banten," terang Babar. 

Karenanya Babar mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan pasokan dan menstabilkan harga sembako. Alasannya kenaikan harga sembako dapat menjadi penyebab naiknya inflasi dalam satu daerah. "Misalnya ketika minyak goreng, gula, elur dan ayam naik, maka pasti akan dilakukan treatment yang berbeda. Langkah-langkah dari rencana yang akan dilakukan tim inflasi daerah. Contohnya ketika dalam satu minggu naik, maka tim inflasi daerah langsung merumuskan kebijakan, karena harga sembako berpengaruh terhadap naiknya inflasi," lanjutnya. 

Kepala Bidang Bidang Keterjangkauan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Wiwi Yulyani Saptawianti menambahkan adanya sejumlah pasar Induk di Banten membuat stok kebutuhan pangan di Banten relatif aman. Sehingga menjelang hari raya Idul Adha nanti diharapkan tidak terjadi kenaikan harga sembako di Banten. "Stoknya masih aman, semoga saat lebaran nanti tidak naik harganya," tegas Wiwi. 

Wiwi menambahkan, untuk memantau stok dan kebutuhan pangan pihaknya terus berkoodinasi dengan Pemkab/Pemkot Serta pengelola pasar di Banten. Dengan upaya tersebut diharapkan dapat mengetahui jumlah stok pangan dan cara penanggulangannya ketika ditemukan gejolak harga sembako di Banten. "Salah satunya hari ini kami menggelar pasar murah di Karang Tanjung Kab Pandeglang. Silahkan masyarakat setempat datang, karena harganya dibawah harga pasar," tandas Wiwi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar