FOKUS: #G20

Kades Berganti, Realisasi Penyaluran Dana Desa di Banten Rendah

Tangkapan layar zoom meeting.

KBRN, Serang: Penyaluran Dana Desa di provinsi Banten hingga April 2022 tercatat masih sangat rendah atau sekitar 6,92 persen dari keseluruhan TKDD. Ini disebabkan adanya pergantian pucuk pimpinan Kepala Desa hasil Pilkades Serentak belum lama ini. 

"Penyebabnya kemarin kan baru ada hasil pemilihan Kepala Desa dari sejumlah daerah di Banten," kata Kepala Kanwil DJKN Banten  Nuning Sri Rejeki Wulandari, dalam siaran persnya melalui zoom meeting, Selasa (24/5/2022). 

Meski begitu, kata dia secara umum realisasi pendapatan yang diperoleh oleh APBN di Provinsi Banten adalah sebesar Rp27,08 triliun. Sementara, belanja yang dikeluarkan adalah sebesar Rp7,59 triliun. 

"Maka, dapat disimpulkan bahwa sampai dengan Bulan April 2022, di APBN Provinsi Banten terdapat surplus anggaran sebesar Rp19,49 triliun," katanya. 

Sementara itu Kepala Bidang DJPb, Nur Amalia menambahkan, pergantian Kepala Desa biasanya berdampak terhadap pegawai di bawahnya. Karena biasanya ketika Kadesnya berganti, maka bawahannya berganti juga. 

"Jadi memang belum adanya pengajuan dari Desa karena Kadesnya ganti. Bahkan ada dari Desa Kanekes itu yang menolak Dana Desa karena mereka memang masih patuh akan adat istiadat setempat," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar