Ketersediaan Minyak Goreng Satu Harga di Pandeglang Diklaim Aman

Diskoperindag Pandeglang mengklaim bahwa stok dan harga minyak goreng di Pandeglang stabil. (Antara/M Ibnu Chazar)

KBRN, Pandeglang: Stok minyak goreng di Kabupaten Pandeglang diklaim aman dan tersedia. Bahkan harga yang dijual pun sudah turun. Meski Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan(Diskoperindag) Pandeglang mengakui adanya kendala dalam hal distribusi.

"Memang terjadi kendala dalam pendistribusian, sebab tak disangka antusias masyarakat begitu besar yang mengakibatkan minyak goreng cepat habis," kata Kepala Diskoperindag Pandeglang, Suaedi Kurdiatna, Jum'at (28/1/2022).

Baca juga: Mendadak Naik, Penjual Harga Minyak Goreng di Pasar Pandeglang Kurangi Stok

Dia menjelaskan, tidak ada yang menimbun atapun menyimpan minyak goreng dalam jumlah banyak. Hanya masalah proses distribusi dari distributor yang rata-rata pengiriman dilakukan dalam dua hari. Pasalnya banyak pihak tidak menyangka kebijakan harga Rp14.000 disambut antusias oleh masyarakat.

"Akibatnya stok yang seharusnya bisa untuk dua minggu habis dalam waktu satu hari. Untuk itu distributor butuh waktu untuk menyuplai kembali minyak goreng ke ritel-ritel secara bertahap," jelasnya.

Baca juga: Banten Dapat Bantuan 6.000 Liter Minyak Goreng

Sementara Kepala Bidang Perdagangan Juhanas Waluyo menambahkan, dari hasil sidak ke toko modern, dipastikan bahwa ketersediaan minyak goreng memadai dan harga yang sudah relative terkendali.

"Dari hasil kunjungan kami kebeberapa toko tadi stoknya masih ada dan juga informasinya hari ini ada pengiriman," ungkap pria yang akrab disapa Jo itu.

Namun demikian, dia mengingatkan distributor maupun pedagang agar tidak menimbun stok minyak goreng. “Kami juga melakukan pembinaan kepada para koordinator dan staf retail, agar jangan sampai melakukan penimbunan,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar