Taat Membayar Pajak, Ratusan Wajib Pajak di Cilegon Mendapatkan Penghargaan dan Dooprize

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian saat foto bersama dengan perwakilan wajib pajak yang menerima penghargaan dan Dooprize, Kamis (25/11/2021)

KBRN, Cilegon : Sebagai bentuk apresiasi terhadap wajib pajak Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, memberikan penghargaan kepada wajib pajak Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB P2) yang telah melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak PBB P2 tahun 2021.

Secara simbolis, penghargaan itu diberikan langsung oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian didampingi oleh Wakil Wali Kota Cilegon, Sanuji Pentamarta, Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Mi'raj dan Kepala BPKAD Kota Cilegon Dana Sujaksani kepada wajib pajak yang telah melunasi pajak di Hotel SKI Kota Cilegon, Kamis (25/11/2021). 

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cilegon, Dana Sujaksani menyampaikan, pemberian penghargaan diberikan kepada 150 wajib pajak daerah yang telah melunasi pajak daerah periode tahun 2020 sesuai dengan kriteria dan klasifikasi yang tertuang dalam keputusan peraturan Kota Cilegon tentang penetapan wajib pajak daerah penerima donasi pajak daerah periode 2020.

"Penghargaan diberikan kepada 20 wajib pajak Hotel yang terdiri dari 15 wajib pajak hotel dan 5 wajib pajak rumah Kos atau kontrakan, 79 wajib pajak restoran dan wajib pajak katering. 10 wajib pajak tempat hiburan, 5 wajib pajak air dan  tanah, 5 wajib pajak parkir, 3 wajib pajak mineral bukan logam dan batuan , 14 pajak penerangan jalan serta 9 wajib pajak reklame," ungkap Dana dalam sambutannya.

Dana menjelaskan, tujuan dilakukannya pemberian penghargaan kepada wajib pajak yakni, dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan ketaatan dan kesadaran wajib pajak daerah sesuai dengan perundangan yang berlaku.

"Maksud pemberian penghargaan bagi wajib pajak daerah yang lunas wajib pajak daerah adalah, untuk memberikan apresiasi terhadap wajib pajak daerah yang telah patuh membayar wajib pajak daerah tepat waktu selama tahun 2020. Selain itu juga dalam rangka untuk mempertahankan dan meningkatkan ketaatan dan kesadaran wajib pajak daerah," ujar Dana.

Dana mengungkapkan, dalam kurun waktu tahun 2017 sampai dengan tahun 2020 terjadi peningkatan realisasi pajak daerah sebesar 108, 1 miliar rupiah atau 23,33 persen. Dimana pada tahun 2017 realisasi pajak daerah sekitar 455,9 milar rupiah dan pada tahun 2020 mencapai 564 miliar rupiah dan pada tahun 2021 target capaian pajak derah sebesar  579,5 miliar rupiah.

Oleh karena itu, Dana berharap, pengamanan dan peningkatan pajak daerah perlu terus dilakukan. Diantaranya melalui ketaatan dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak daerah. 

"Salah satunya melalui kegiatan bulan panutan PBB P2 dan pemberian penghargaan bagi wajib pajak daerah yang telah lunas. Serta pemberian dooprize kepada konsumen, hotel, restoran dan hiburan sebagai bentuk apresiasi dalam membayar pajak," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar