Kiriman TKI Asal Pandeglang Selama Ramadan Capai Rp4,6 Miliar

Loket pelayanan Kantor Pos Cabang Pandeglang. (RRI/Dendy)

KBRN, Pandeglang: Transaksi pengiriman uang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Kabupaten Pandeglang pada bulan Ramadan tahun ini meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya. Kondisi itu semakin tinggi ketika menjelang datangnya lebaran Idulfitri 1442 Hijriah.

Kepala Kantor Pos Cabang Pandeglang, Andri Maulana Agustian menyebut, selama bulan puasa, pihaknya mencatat ada 960 transaksi pengiriman uang yang dilakukan oleh TKI asal Pandeglang. Jika ditotal, nominal yang dikirimkan mencapai Rp4,6 miliar.

Baca juga: Selama Pandemi dan Ramadan, Pengiriman Paket Via Pos Pandeglang Meningkat

“Jumlah transaksi naik 30% dibanding bulan biasa. TKI banyak dari wilayah Selatan Pandeglang, seperti Panimbang,” kata dia kepada RRI, Kamis (6/5/2021).

Andri membeberkan, pengiriman itu banyak dilakukan para penyumbang devisa negara melalui produk Western Union diikuti produk Transfast. Namun di satu sisi dia menyarankan agar TKI maupun keluarga TKI, agar memanfaatkan layanan Wesel Pos dalam mengirimkan uang karena dianggap lebih mudah dan murah.

Baca juga: Wabah Virus Corona Tak Surutkan Niat 21 Warga Pandeglang Jadi TKI

“Memang selama ini mayoritas masih konvensional. Kalau pakai Wesel Pos, durasinya lebih cepat karena transaksinya sudah seperti antar bank,” sebutnya.

Sementara berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pandeglang, tahun 2019 lalu saja tercatat ada sekitar 395 warga Pandeglang yang menjadi TKI disejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Hongkong, Brunei Darussalam, dan Uni Emirat Arab. Sebagian besar dari mereka bekerja dibidang informal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00