FOKUS: #VAKSIN COVID-19

BI Banten Perluas Penukaran UPK 75 Hingga 100 Lembar

Kepala Bank Indonesia perwakilan Banten, Erwin Soeriadimadja (tengah) disela kegiatan di Bank Indonesia perwakilan Banten.

KBRN, Serang: Bank Indonesia perwakilan Banten memperluas penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 tahun Republik Indonesia bagi warga Banten. Apabila sebelumnya setiap satu identitas kartu penduduk diberikan hanya satu lembar, maka saat ini setiap satu orang dapat menukarkan hingga 100 lembar. "Betul, kesempatan itu diperluas, karena keinginan warga untuk menukarkan UPK 75 sangat tinggi," kata Kepala Bank Indonesia perwakilan Banten, Erwin Soeriadimadja, Jumat (16/4/2021). 

Selain untuk koleksi, Erwin melanjutkan UPK 75 bisa digunakan untuk alat pembayaran yang Syah. Apabila ada orang yang menolak uang tersebut untuk pembayaran, maka bisa dikenakan sanksi."Karena UPK 75 itu juga jenis uang rupiah yang Syah. Jadi tidak hanya untuk dikoleksi, tapi bisa juga buat transaksi pembayaran," ulasnya. 

Deputi Direktur Bank Indonesia perwakilan Banten Erry P Suryanto menyebut selama ini banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa UPK 75 adalah alat pembayaran yang syah. "Selama ini masyarakat juga enggan menukar karena hanya disimpan," kata Erry. 

Maka dari itu, Erry mengajak agar awak media membantu menyebarluaskan infomasi ini agar masyarakat mengetahui terkait perluasan jumlah penukaran UPK ini. "Semoga melalui informasi dari media dapat membantu masyarakat dalam menukarkan UPK 75," ajaknya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00