Selain Tempat Wisata Bukit Teletubbies di Cilegon dapat Digunakan Untuk Olahraga Hiking dan Pendakian

KBRN, Cilegon : Bukit Teletubies, yang berada di Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. Bisa menjadi rekomendasi tujuan berwisata warga Cilegon dan Kota Serang. Selain bisa dijadikan tempat wisata, Bukit Teletubbies juga bisa dijadikan tempat berolahraga hiking dan mendaki.

Berdasarkan informasi, saat ini yang berwisata ke Bukit Teletubbies bukan hanya warga Cilegon dan Kota Serang saja. Namun berbagai wisata dari beberapa Kabupaten di Banten kini kian banyak bertandangan. 

”Saya sengaja datang kemari, untuk menyaksikan langsung wisata alam yang selama ini hanya mendengar lewat cerita dan  melihat di dunia internet. Setelah melihat langsung, ternyata alamnya masih asri dan udara yang segar,” kata Supriadi warga Kota Serang, saat ditemui di Bukit Teletubies, Selasa (23/2/2021).

Menurut Supriadi, Bukit Teletubbies memiliki keunikan tersendiri. Seperti keindahan pemandangan dan udara yang masih segar. Namun, itu semua bisa dinikmati pengunjung pada saat berada di puncak Bukit Teletubbies. 

“Kalau keseharian kita disibukan dengan kepadatan aktivitas pekerjaan,  maka ketika berekreasi di puncak gunung teletubis, semua kepenatan bisa menjadi terhibur,”jelasnya.

Sementara, pengunjung yang lainya, mengaku sengaja ke Bukit Teletubbies hanya untuk melakukan Hiking. Alasan, rute Hiking di Bukit Teletubbies menantang dan membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama yakni selama 30 menit. 

"Perjalanan yang cukup lelah itu tertebus jika  sampai di puncak dan menatap perairan selat sunda, dan pesisir laut yang indah dan menawan dari atas bukit," ucapnya. 

Warga Lokal Salimin menyampaikan, keberadaan Bukit Teletubbies berdampak terhadap perekonomian masyarakat yang tinggal di sekitar Bukit Teletubbies. Lantaran, setiap akhir pekan banyak pengunjung yang datang ke Bukit Teletubbies. 

"Banyak yang datang (Ke Bukit Teletubbies), kita buka tempat Parkir untuk pengunjung dan Alhamdulillah dapat Rizki dari Parkiran itu," ucap Salimin. 

Salimin menjelaskan, warga yang memiliki lahan di Lereng Bukit Teletubbies dapat dimanfaatkan untuk disewakan kepada pengunjung sebagai tempat parkir kendaraan. 

”Kalau lereng bukit ini milik pribadi, tapi kalau Bukit Teletubies-nya milik pemerintah,” pungkasnya.  

Salimin menjelaskan, untuk masuk ke tempat wisata Bukit Teletubbies. Warga hanya dikenakan biaya Parkir sebesar Rp5.000 untuk Sepeda motor dan Rp10.000 untuk kendaran Mobil. 

Terkait dengan adanya tempat wisata Bukit Teletubbies di Kelurahan Suralaya tersebut. Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon saat ini tengah dilakukan pencanangan untuk mengembangkan Bukit Teletubbies. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cilegon, Mahmudin mengatakan, bahwa buki ini memang menjadi salah satu potensi wisata alam di Kota Cilegon yang akan dikembangkan bersama  Bukit Cipala, Bukit Ciporong, dan Batu Lawang.

 “Masih banyak lagi kalau mau melihat wisata alam di Kota Cilegon. Ada potensi pegunungan yakni, Bukit Teletubies, Bukit Cipala, Bukit Ciporong, Bukit Batu Lawang, Bukit Kedurung. Itu semua potensi wisata yang perlu dikembangkan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cilegon, Mahmudin saat dikonfirmasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00