Polres Lebak Cek Kesiapan Personel dan Peralatan Hadapi Bencana

KBRN, Lebak: Polres Lebak melakukan pemeriksaan terhadap personelnya dan sejumlah peralatan yang digunakan untuk menanggulangi bencana.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan kesiapan apabila bencana alam sewaktu-waktu melanda Kabupaten Lebak.

Pasalnya, curah hujan di wilayah selatan Banten itu masih tinggi. Terlebih Lebak menjadi salah satu daerah paling rawan bencana.

Baca juga: Kentongan RRI, Memitigasi Potensi Bencana di Cilegon

"Mempersiapkan personel dan mengecek kelengkapan prasarana pendukung lainnya, sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama seperti musibah bencana alam banjir maupun tanah longsor maka pelayanannya dapat dilaksanakan secara optimal," kata Kapolres Lebak, AKBP Ade Mulyana saat ditemui di Mapolres Lebak, Kamis (14/1/2021).

Dikatakannya, salah satu kerawanan bencana yang dikhawatirkan di Kabupaten Lebak yakni banjir bandang dan tanah longsor. Mengingat sebagian besar wilayah Lebak terdapat beberapa pegunungan yang memiliki tebing cukup curam. Selain itu, Lebak juga dilalui tiga aliran sungai yang cukup besar, yakni Sungai Ciberang, Sungai Ciujung dan Sungai Ci Simeut.

"Tiga aliran sungai yang ada di Kecamatan Rangkasbitung itu sering meluap kalau sudah memasuki musim penghujan," ucapnya.

Baca juga: Jelang Musim Hujan, BBWSC3 Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Sementara meski personel kepolisian sudah memiliki pemahaman dalam hal evakuasi, namun guna lebih mematangkan, pihaknya terus melakukan pengasahan karena apabila bencana terjadi seluruh personel sudah mampu dan siap.

"Para personel diberikan pelatihan SAR kembali untuk me-review, sehingga personel benar-benar siap ketika sewaktu-waktu dibutuhkan," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00