50.000 Bibit Mangrove Akan Ditanam Disepanjang Pantai Labuan dan Carita

Ilustrasi pohon mangrove. (Pixabay)

KBRN, Pandeglang: Sebanyak 50.000 bibit pohon mangrove rencananya akan ditanam di kawasan pesisir Pantai Labuan dan Carita di Kabupaten Pandeglang.

Penanaman mangrove itu merupakan bagian dari upaya untuk mencegah abrasi dan menanggulangi dampak bencana tsunami.

Baca juga: Antisipasi Megathrust Satu Juta Bibit Mangrove Disiapkan

“Betul, kami akan melakukan aksi gerakan menanam pohon mangrove di kawasan pesisir pantai diantaranya kawasan pantai Kecamatan Labuan dan Carita. Hal ini kami lakukan sebagai upaya meminimalisir apabila  terjadi bencana tsunami,“ kata Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Pandeglang, Beni Madsira saat melakukan audiensi dengan Bupati Pandeglang di Pendopo Bupati, Senin (11/1/2021).

Baca juga: Terumbu Karang di Banten Kritis Mengundang Perhatian Ormas

Dia menjelaskan, adapun penanaman bibit pohon mangrove ini rencananya akan kami lakukan pada bulan Maret mendatang bersama Tagana Pandeglang dan unsur lainnya. Direncanakan sebanyak 50.000 bibit pohon mangrove akan ditanam dua kawasan pantai itu.

“Penanaman bibit pohon mangrove ini merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial. Adapun teknis penanamanya saat ini sedang ka.i bahas bersama Bupati Pandeglang terkait lokasi mana saja kawasan pesisir pantai yang akan ditanami, sehingga kedepanya penanaman pohon mangrove ini bermanfaat dan mampu mencegah bencana tsunami apabila suatu saat terjadi,“ ucap Beni.

Baca juga: Eksploitasi Ikan Hias Laut Dilarang, Budidaya Didukung

Sementara Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kemanusiaan itu.

“Tidak sembarang orang yang mau menjadi relawan, karena jadi relawan itu membutuhkan mental yang kuat dan penuh keikhlasan dalam menangani berbagai bencana, baik bencana tsunami, longsor, banjir dan bencana lainya,“ katanya.

"Pemkab Pandeglang sangat mengapresiasi, berkat perjuangan para relawan dalam penanganan bencana Pemerintah sangat terbantu sekali," sambung Irna.

Baca juga: Ribuan Struktur Karang Diturunkan di Perairan Buleleng

Ia menilai, rencana aksi gerakan tanam pohon mangrove di kawasan pesisir pantai itu akan bermanfaat untuk kelestarian alam dan keselamatan manusia.

“Oleh karena itu Pemkab Pandeglang akan terus mendukung kegiatan. Apalagi gerakan tanam pohon ini untuk keberlangsungan hidup manusia," tutup mantan anggota Komisi IV DPR RI itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar