FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Waspada Covid-19 Ditengah Bencana, BPBD Minta Keterlibatan OPD Lain

BPBD Kota Serang menggunakan kendaraan Rescue untuk menghimbau warga agar tetap patuh 3M.

KBRN, Serang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Serang menginginkan adanya peran organisasi perangkat daerah lainnya saat penanganana bencana seperti banjir. Alasannya bencana alam saat ini ditengah baying-bayang situasi pandemic Covid 19.

"Saat ini kan ditengah Pandemi Covid-19, jadi bencana alam yang terjadi harus dibarengi dengan kewapsadaan penularan Covid-19 juga,"kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang Diat Hermawan, Jumat (4/12/2020). 

Diat mengakui penanganan bencana alam seperti banjir ditengah pandemic Covid-19 dipastikan berbeda. Tidak hanya pertolongan terhadap korban yang terdampk musibah, melainkan warga harus dipastikan tetap melaksanakan protocol kesehatan.

"Makanya kami juga mengawasi di lokasi bencjis misalnya agar masyarakat tidak berkerumun. Ini penting agar tidak ada penularan di masyarakat," ternangnya. 

Jangan sampai, lanjut Diat adanya musibah banjir menjadi klaster baru dalam penularan Covid 19. Untuk itu BPBD menginginkan adanya peran startegis dari OPD lain seperti Dinkes yang juga melakukan pemantauan di lokasi-lokasi bencana.

"Makanya kami minta peran dari OPD lain seperti Dinkes untuk ikut juga memantau saat terjadi bencana. Sehingga keselamatan warga yang terdampak banjir terhindari dari penyebaran Covid-19," lanjutnya. 

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Serang Tofan Wiguna menjelaskan selain melakukan pemantauan dan pertolongan terhadap para korban, BPBD juga terus melakukan penyebarluasan informasi. Selain sosialisasi melalui media masa, pihaknya juga mengoptimalkan kendaraan Rescue yang dimiliki BPBD untuk penyebarluasan informasi ke masyarakat.

"Kami terus optimalkan sosialsiasi, tidak hanya media massa tapi juga melalui wawar di kendaraan Rescue," katanya. 

Melalui kendaraan tersebut, warga dihimbau untuk terus memperhatikan prokokol kesehatan dalam kondisi apapun. Apalagi saat ini Kota Serang dalam situasi ancaman banjir seiring datangnya musim penghujan.

"Di kendaraan wawar ini isinya himbauan agar masyarakat waspada terhadap bencana alam seperti banjir, La Nina, tengan Perwal 3M dan bahaya Covid-19," tegas Tofan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00