Belasan Kecamatan di Pandeglang Patut Waspadai Dampak La Nina

Fenomena La Nina diprediksi membuat curah hujan disebagian wilayah Pandeglang lebih tinggi (Foto: Raisan Al Farisi/Antara)

KBRN, Pandeglang: Belasan kecamatan di Kabupaten Pandeglang, diprediksi akan paling terimbas dari fenomena La Nina. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang setidaknya mencatat ada 13 kecamatan yang paling terimbas itu.

Soalnya fenomena La Nina mengakibatkan curah hujan yang lebih tinggi sehingga bisa menimbulkan dampak banjir dan tanah longsor.

Belasan kecamatan yang berpotensi banjir dan longsor itu, meliputi Kecamatan Angsana, Bojong, Cadasari, Cibaliung, Cibitung, Cisata, Kadu Hejo, Karang Tanjung, Koroncong, Majasari, Saketi, Sobang dan Sumur.

Baca juga: Banten Diimbau Waspada Banjir, Puting Beliung, Petir

"Ada 13 kecamatan yang berpotensi rawan bencana alam yang intensitasnya menengah sampai tinggi. Selain itu menengah," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pandeglang, Usep Sugih, Jumat (23/10/2020).

Menyikapi hal itu, Usep mengaku pihaknya sudah mengelurkan peringatan dini bagi 13 kecamatan itu. Mengingat sebagian besar daerah di Pandeglang diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi dalam beberapa waktu ke depan dan puncaknya diprediksi terjadi pada Januari 2021 mendatang.

"Dilakukan imbauan kepada masyarakat via grup di-WhatsApp, yang selanjutnya untuk disampaikan ke masyarakat, setelah kaji cepat dengan BPBD, BNPB DAN BMKG," kata Usep, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Belasan Alat Deteksi Tsunami di Pandeglang Hilang

Senada disampaikan Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyana. Dia menuturkan, pihaknya juga mencatat ada beberapa kecamatan yang rawan bencana alam. Oleh karena itu pihaknya meminta masyarakat untuk berhati-hati dan waspada.

"Kalau untuk kecamatan yang rawan bencana alam itu banyak, tapi bagaimanapun kita harus tetap waspada agar tidak menimpa terhadap kita. Selain itu juga untuk meminimalisir adanya alam kita harus menjaga alam sekitar kita," pesannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00