Sampah di Kota Tangerang Dikembangkan Jadi Energi Terbarukan Biomassa

Sampah-sampah di Kota Tangerang akan dikonversi menjadi sumber energi terbarukan biomassa atau briket. (Istimewa)

KBRN, Tangerang: Timbunan sampah di Kota Tangerang akan dikembangkan menjadi bahan bakar alternative rumah tangga. Sampah-sampah itu akan dikonversi menjadi sumber energi terbarukan biomassa atau briket.

Briket itu sedang diuji coba oleh Pemkot Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), yang dibuat dengan komposisi sampah organik murni maupun campuran dari sampah organik dan anorganik.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, meninjau langsung proses uji coba pembuatan bahan bakar sebagai salah satu upaya untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di Kota Tangerang.

"Sementara kita lakukan coba dua macam briket sampah. Briket sampah full organik dan organik campuran 5% non organik," ucap Arief, Jumat (23/10/2020).

Wali Kota menambahkan, sebagai tahap awal uji coba, Pemkot akan akan mempersiapkan briket sampah dengan kapasitas produksi sebesar 4,5 m3.

"Saat ini kapasitasnya masih kecil, tapi kita sedang persiapkan untuk kapasitas produksi yang lebih besar," jelasnya.

Lebih lanjut Arief menjabarkan, nantinya briket dengan bahan baku sampah organik dan anorganik ini menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai sumber bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.

"Selain itu, tentunya dapat menurunkan jumlah timbunan sampah yang ada di TPA Rawa Kucing," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00