DPRD Pandeglang Terpecah Sikapi Wacana Pembelian Sepeda Listrik bagi RT/RW

Ilustrasi. Pemkab Pandeglang menyiapkan anggaran Rp38 miliar untuk pembelian sepeda listrik bagi RT/RW. (Antara/Ari Bowo Sucipto)

KBRN, Pandeglang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang berencana membeli sepeda listrik untuk kebutuhan Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) se-Kabupaten Pandeglang dengan nilai Rp38 miliar pada tahun 2023 mendatang.

Rencana tersebut telah disetujui dalam rapat paripurna DPRD dan Pemkab Pandeglang tentang penyampaian laporan Badan Anggaran (Banggar) Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (RKUA) dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (RPPAS) Tahun Anggaran 2023.

Baca juga: Bupati Pandeglang Siapkan Rp38 M Beli Sepeda Listrik untuk RT/RW

Meski sejumlah fraksi di parlemen menyatakan penolakannya, namun rencana tersebut pada akhirnya disetujui setelah lebih banyak fraksi yang mendukung kebijakan kontroversi itu.

Adapun fraksi yang menolak pengadaan sepeda listrik untuk RT dan RW yakni Fraksi Golkar, Gerindra, PKB dan Fraksi PPP. Adapun fraksi yang menyetujui meliputi Fraksi Demokrat, PKS, PDIP, Nasdem-Perindo dan Fraksi PAN-PBB.

“Berdasarkan kolektif kolegial itu disetujui, karena secara voting fraksi yang menolak kalah,” kata Tb Udi Juhdi, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Pandeglang Dorong Program Desa Bebas TBC

Dia menuturkan, fraksinya termasuk salah satu yang menyatakan keberatan atas rencana itu. Pasalnya, masih banyak infrastruktur di Pandeglang yang perlu dibenahi ketimbang menyediakan sepeda listrik puluhan miliar rupiah. Dia memandang, peningkatan honor RT/RW lebih relevan daripada membeli kendaraan operasional.

“Sisi anggaran, kita lebih mendorong program Jakamantul (Jalan Kabupaten Mantap Betul, red). Itu sangat bermanfaat sekali, karena terasakan oleh semua elemen masyarakat,” tuturnya.

Sementara Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pandeglang Iing Andri Supriadi mengatakan, fraksinya satu suara dengan Pemerintah Daerah. Soalnya kebijakan tersebut dianggap bagian dari upaya meningkatkan kinerja RT/RW.

Baca juga: BPN Pandeglang Dorong Keaktifan Desa Ikuti Program PTSL

“Kita tentunya mendukung rencana Pemkab yang akan memberikan sepeda listrik bagi RT dan RW,” katanya.

Menurut Iing, sepeda listrik yang diberikan itu dalam rangka memudahkan pergerakan dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan bantuan itu, diharapkan peran RT dan RW bisa lebih dioptimalkan.

“Sepeda listrik itu tentunya sangat memudahkan kinerja RT dan RW. Jadi kita lihat asas manfaatnya untuk ke depan,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar