Bupati Pandeglang Siapkan Rp38 M Beli Sepeda Listrik untuk RT/RW

Bupati Pandeglang, Irna Narulita. (Istimewa)

KBRN, Pandeglang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang berencana membeli sepeda listrik untuk kebutuhan Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) se-Kabupaten Pandeglang dengan nilai Rp38 miliar pada tahun 2023 mendatang.

Rencana tersebut telah disetujui dalam rapat paripurna DPRD dan Pemkab Pandeglang tentang penyampaian laporan Badan Anggaran (Banggar) Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (RKUA) dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (RPPAS) Tahun Anggaran 2023.

Baca juga: Pembelian Randis Bupati Pandeglang Seharga Rp1,9 M Tuai Kecaman

Meski sejumlah fraksi di parlemen menyatakan penolakannya, namun rencana tersebut pada akhirnya disetujui setelah lebih banyak fraksi yang mendukung kebijakan kontroversi itu.

Bupati Pandeglang Irna Narulita bedalih bahwa wacana pembelian sepeda listrik adalah penghargaan bagi Ketua RT/RW, mengingat selama ini gaji yang diterima mereka jauh dari kata layak.

“Saya tidak bisa menggaji alim ulama, saya enggak bisa gaji kader, RT/RW kami gaji dengan UMK enggak bisa tapi untuk kepentingan operasional bukan untuk kepentingan RT/RW. Kita cuma membantu mereka dengan kendaraan operasional yang memudahkan, mempercepat melayani masyarakat,” jelasnya, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Setelah Viral, Bupati Irna Buka Suara Soal Pembelian Randisnya Senilai Rp1.9 Miliar

Dirinya menilai jika pembelian sepeda listrik untuk kepentingan operasional RT/RW bukan sesuatu yang dianggap pemborosan, malah dia mengklaim akan memudahkan kinerja. Sebaliknya, Irna justru menyinggung pemborosan di DPRD yang tetap diakomodir.

“Rp38 miliar kecil bagi saya kalau bisa Rp100 miliar kasih dong buat simpul-simpul kami. Bingung amat Rp38 miliar? Mereka tiap hari bantu kita, yang sakit ketuk rumah RT, mau nganter yang sakit punya motor kaga, boro-boro punya, jangan mikirin,” jelasnya.

“Ada juga usulan legislatif dianggap enggak manfaat tapi harus diakomodir ya kami akomodir tapi kalau untuk kepentingan eksekutif satu-satunya kunci utama dan pertama kepentingan rakyat,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar