Reaktivasi Terminal di Pandeglang Berlanjut, Kini Giliran Carita

Angkot jurusan Cilegon-Carita kini harus masuk ke Terminal Carita yang mulai diaktifkan kembali oleh Dishub Pandeglang. (Arsip Dishub Pandeglang)

KBRN, Pandeglang: Tahap reaktivasi terminal di Kabupaten Pandeglang kembali dilakukan. Setelah Terminal Cadasari yang dihidupkan lagi pekan lalu, kini giliran Terminal Carita yang kembali diaktifkan setelah hampir lima tahun terbengkalai. 

Kepala Bidang Angkutan Umum pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang, Berlyan Henny menuturkan, Terminal Carita menjadi sasaran reaktivasi karena memiliki peran penting tidak cuma sebatas pemasukan bagi daerah, tapi juga sarana transportasi wisatawan. 

Baca juga: Terminal Cadasari Direaktivasi Setelah Lama Tak Berfungsi

"Jalur ini kan dilalui Angkot trayek Cilegon-Carita yang berada di kawasan objek wisata Pantai Carita yang menjadi salah satu ikon destinasi Pandeglang dan Banten secara umum," katanya, Kamis (11/8/2022).

Berlyan mengakui bahwa jumlah Angkot yang beroperasi di kawasan tersebut tidak seramai di daerah perkotaan. Namun pihaknya merasa harus tetap mengaktifkan terminal yang berada di Desa Sukarame itu lantaran menjadi aset Pemerintah Daerah yang perlu dirawat. 

"Ini aset pemerintah, jadi harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan," jelasnya.

Baca juga: Terminal Cadasari Terbengkalai, Pengamat: Akibat Perencanaan Tidak Matang

Kepala Seksi Terminal Dishub Pandeglang, Suhaedi menambahkan, sama halnya dengan Terminal Cadasari, usai reaktivasi ini, sejumlah pegawai Dishub akan ditempatkan di lokasi untuk memastikan sopir angkutan umum masuk ke terminal supaya lebih tertib.

"Nanti petugas kami akan disiagakan supaya angkot-angkot lebih tertib dan mau masuk ke terminal. Retribusinya cuma Rp2.000," sebutnya.

Baca juga: Pandeglang Usulkan Penambahan Tiga Trayek Bus Damri

Usai reaktivasi terminal tipe C ini, Dishub masih mempunyai pekerjaan untuk mengaktifkan Terminal Panimbang yang direncanakan akhir bulan Agustus akan di-reaktivasi.

"Kami sudah komunikasi dan koordinasi dengan Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan), minggu depan Terminal Panimbang dihidupkan lagi. Jadi semua terminal di-reaktivasi bulan Agustus ini," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar