FOKUS: #PPKM

Ini Tantangan Nasionalisme Generasi Muda Diera Digital

Kepala Staf Korem 064 Maulana Yusuf Serang, Kol Inf Nurkhan, bersama Kepala Kesbangpol Provinsi Banten, Ade Ariyanto saat dialog di studio RRI Banten, Rabu (10/8/2022). (Foto Nasrudin)

KBRN, Serang: Rasa Nasionalisme pada generasi muda saat ini sudah baik. Meski diakui rasa Nasionalisme, terutama pada generasi muda perlu terus ditingkatkan.

"Semangat kebangsaan di era digitalisasi terlihat generasi muda masih bagus tapi semangat kebangsaan perlu ditingkatkan lagi," ucap Kepala Staf Korem 064 Maulana Yusuf Serang, Kol Inf Nurkhan, disela dialog di studio RRI Banten, Rabu (10/8/2022). Meski diakui Nurkhan, rasa Nasionalisme di era terdahulu dengan kondisi bangsa saat ini sangat berbeda. Dimana pada masa penjajahan para pendahulu mencintai bangsa ini dengan mengangkat bambu runcing untuk mengusir penjajah. 

"Sementara untuk generasi muda saat ini hanya perlu mengisinya dengan nilai-nilai yang positif. Salah satunya yakni dengan belajar dengan sungguh-sungguh," kata Nurkhan. 

"SDM generasi muda agar tak ketinggalan dari bangsa lain. Konteks kebangsaan saat ini bisa diisi dengan hal positif. Anak-anak muda perlu melakukan kegiatan positif seperti pembinaan atlet sejak dini, sehingga dapat membawa nama baik bangsa ini di Internasional seperti Sea Games dan Asian Games dan lainya," ujarnya. 

Sementara itu Kepala Kesbang Pol provinsi Banten Ade Ariyanto menyebut tantangan generasi muda dalam mengisi kemerdekaan bangsa saat ini tidak mudah. Apalagi diera digital dan global dengan bebasnya IT, sehingga perlu filter bagi para anak muda. 

"Hendaknya kemajuan teknologi dapat dioptimalkan dan tidak menjadi dampak negatif terhadap generasi muda. Kalau tak ditanamkan sejak ini, maka mereka akan lupa atas nilai-nilai kebangsaan karena pengaruh digital yang cukup deras," kata Ade. 

Oleh sebab itu, Ade mendorong kepada para orang tua agar dapat membentengi anak-anak nya dari pengaruh negatif kemajuan jaman. Kajian teknologi hendaknya dapat dimaksimalkan untuk mendukung pendidikan anak-anak. 

"Maka dari itu, selain pendidikan di sekolah perlu juga bimbingan dari para orang tua agar menjadi guru pertama bagi anak-anak nya. Sehingga generasi bangsa kedepan dapat tumbuh dengan rasa Nasionalisme yang tinggi," ucap Ade. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar