Polri Dapat Tambahan 168 Personel dari SPN Banten

Kapolda Banten, Irjen Pol. Prof. Rudy Heriyanto saat mengecek pasukan dalam upacara Penutupan Pendidikan dan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2022 di SPN Polda Banten. (RRI/Dendy)

KBRN, Pandeglang: Sebanyak 168 siswa calon Bintara Polri yang menempuh pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Banten yang berada di Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, dinyatakan lulus.

Mereka diangkat menjadi Bintara Polri dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) setelah melalui pendidikan pembentukan Bintara Polri selama lima bulan, yang dimulai sejak 8 Februari 2022 lalu.

Pengangkatan mereka menjadi bagian dari Korps Bhayangkara, dilakukan dalam kegiatan Penutupan Pendidikan dan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2022 di SPN Polda Banten, Kamis (7/7/2022). Kapolda Banten, Irjen Pol. Prof. Rudy Heriyanto memimpin langsung upacara tersebut.

Baca juga: Polda Banten Gelar Lomba Menembak Bersama Awak Media

Dalam arahannya, Kapolda Banten mengingatkan para Bintara muda itu untuk membulatkan tekad dan semangat, serta motivasi diri guna senantiasa memberi darma bakti terbaik bagi Polri, masyarakat, bangsa dan negara.

“Kemajuan teknologi saat ini menuntut kehidupan masyarakat yang berbeda dari generasi sebelumnya. Kehidupan yang serta cepat dan terbuka, tanpa batas, revolusi 4.0, cyber crime menuntut Polri untuk terus beradaptasi dan terus belajar guna meningkatkan kemampuan yang unggul,” katanya.

Kapolda menyebut, setelah penutupan gelombang pertama tahun ini, jumlah total penambahan anggota baru Polri sebanyak 12.240 personel, terdiri atas 11.936 Polisi laki-laki dan 304 polisi wanita. Mereka terbagi dalam 9.997 Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), 497 Bintara Brimob, 1.606 Tamtama Brimob, dan 140 Tamtama Polri.

Baca juga: Melandai, Polda Banten Tetap Gelar Operasi Aman Nusa Covid-19

“Kuncinya Polri harus menyiapkan sumber daya manusia sebagai alat utama yang unggul, kretaif, dan inovatif sebagai petugas yang humanis, menghormati HAM, menghindari perbuatan tercela, dan tindakan yang menyakiti hati masyarakat,” ucap Kapolda.

“Polri memerlukan personel yang berkualitas dan unggul guna mewujudkan bhayangkara yang prediktif, memiliki responsibilitas, dan kemampuan mewujudkan transparansi berkeadilan,” tandasnya.

Sementara Kepala Sekolah Polisi Negara Kapolda Banten, Kombes Pol Noffan Widyayoko membeberkan, kelulusan kali ini adalah gelombang satu tahun anggaran 2022.

“Kami mendidik 169 orang. Namun di tengah jalan ada 1 yang dikeluarkan. Jadi hari ini yang lulus mereka yang menjadi Bintara Polri ada 168,” sebutnya.

Baca juga: Polri Dirikan Dapur Umum dan Tenda Pengungsi di Sumur

Dia menerangkan, 168 Bintara muda yang lulus ini sebagian besar akan ditempatkan di Polda Banten. Adapula yang akan ditempatkan di Polda Kalimantan Timur untuk memperkuat pengamanan Ibu Kota Negara (IKN).

 “Untuk penempatan yang sudah kami terima telegramnya dari Mabes Polri, yaitu diantaranya pertama di Polda Banten, lalu Mabes Polri dalam hal ini di Korbinmas Baharkam, Korlantas, kemudian Lemdiklat Polri, dan terakhir di IKN untuk Ibu Kota Negara,” tutup Noffan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar