FOKUS: #PPKM

Panji Optimis Pemkab Serang Raih Predikat Madya dalam KLA

Wakil Bupati Serang Panji Tirtayasa.

KBRN, Serang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang optimis meraih peningkatan nilai predikat atau Kategori Madya Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). Mengingat pada Tahun 2021 lalu, KLA untuk Kabupaten Serang di raih dengan Kategori Pratama.  

“Ya kita harapkan sekarang naik kelas kita ini, naik kelas dengan penilaian indikator ini. Kita sudah masuk kabupaten layak anak. Tapi sekarang kita evaluasi lagi supaya kelasnya naik lagi lebih bagus lagi,”ujar Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa.

Hal itu disampaikan Pandji usai membuka Verifikasi Lapangan (VL) Kabupaten Layak Anak Kabupaten Serang Tahun 2022 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia di Pendopo Bupati Serang, Selasa (5/7/2022). 

Kendati demikian, kata Panjdi, ukurannya sebetulnya bukan dari peningkatan penilaian dari kategori pratama menjadi madya lantaran ukurannya hanya evaluasi kinerja. Akan tetapi yang paling utama adalah bagaimana komitmen yang kuat menjaga terhadap anak-anak sebagai aset di masa yang akan datang. 

“Kalau penilaian ini hanya mengukur penilaian kinerja kita aja. Kinerja kita nanti harus dibuktikan bagaimana anak-anak Kabupaten Serang itu terjaga, terpelihara, dan terayomi dengan fasilitas yang telah kita siapkan, agar mereka itu bisa menjadi manusia-manusia unggul,”tegasnya. 

Cerminannya, sebut Pandji, meski masih adanya kekerasan terhadap anak yang terjadi tetapi itu tidak bisa digeneralisasi, karena itu sifatnya kasuistik. Jelas dia, seperti ada kekerasan anak 1 kasus, tetapi tidak general, jangan diartikan ada kasus ini sebagai di Kabupaten Serang kekerasan anak sangat intens. 

“Tidak bisa digeneralisasi kan seperti itu. Dimana pun, di daerah manapun ada sifatnya kasuistik, tapi sekarang kita usahakan kekerasan terhadap anak itu bukan hanya dikurangi tapi dihilangkan, kita coba hilangkan,”tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar