Truk Tangki Bermuatan 12 Ton Cairan Kimia Terguling di Cilegon 

Petugas saat evakuasi truk terguling di Cilegon, Sabtu (25/6/2022)

KBRN, Cilegon : Diduga akibat rem blong, truk tangki kimia dengan Nomor Polisi (Nopol) B-9448-XJ bermuatan 12 ton cairan Hydrochloric (Hcl) terguling di jalan raya Suralaya-Merak tepatnya di depan kantor Polair Suralaya Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon Banten pada Sabtu (25/06).

Berdasarkan informasi yang dihimpun RRI, truk muatan 12 ton cairan Hcl itu melaju dari arah Suralaya menuju Merak dengan tujuan PT Cakrawala yang berada di Tangerang. Namun, sesampainya di TKP rem truk tidak berfungsi dengan baik (rem blong) sehingga truk terguling. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. 

“Benar telah terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas truk tangki membawa muatan Hcl terguling. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” ucap Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Yusuf Dwi Admojo melalui keterangan tertulis yang diterima RRI, Sabtu (25/6/2022).

AKP Yusuf menuturkan, kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Pada saat di TKP yang kondisi jalan menurun fungsi rem kendaraan truk tangki dengan membawa muatan HCL 32% sebanyak 12.340 kg tidak berfungsi dengan sempurna, sopir mencoba membanting stir ke kanan hingga menabrak pembatas jalan, akibatnya mobil terguling dan muatan 12 ton bahan kimia tersebut tumpah membasahi jalan sehingga membuang ke kanan jalan dan menabrak pembatas jalan, kemudian mobil terguling,” ujar AKP Yusuf.

AKP Yusuf menyampaikan, lantaran kondisi truck itu bermuatan cairan kimia berbahaya. Untuk mengevakuasi truk itu

pihaknya harus menurunkan alat berat dan harus menerjunkan petugas berwenang terkait keamanan cairan tersebut. 

“Petugas harus menaburkan pasir pada cairan yang tumpah dan harus mengevakuasi truk yang terguling itu," ungkap AKP Yusuf. 

Terpisah, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengaku turut prihatin atas peristiwa kecelakaan lalu lintas tersebut. 

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar saat mengemudikan kendaraan dijalan tetap waspada dan berhati-hati serta selalu mengecek kendaraan sebelum beraktivitas,” himbau Sigit

Meski begitu, Sigit meminta kepada pengendara agar tetap disiplin dan mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. 

“Utamakan keselamatan karena keluarga menanti dirumah,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar