FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Kabupaten Serang Temukan Empat Hewan Terjangkit PMK

Petugas Dinas Pertanian saat melakukan pengecekan kesehatan hewan di peternak di Banten. Foto Nasrudin

KBRN, Serang: Dinas Pertanian Kabupaten Serang melansir temuan kasus Penyakit Kuku dan Mulut lada hewan ternak di Kabupaten Serang. Bahkan dari data yang dihimpun terdapat empat hewan ternak yang positif PMK diKabupaten Serang.

"Yang bergejala awal ada 2 ekor, tapi yang diambil sampel ada 4 ekor. 3 ekor sapi dari Subang, 1 kerbau dari Purwakarta,semuanya positif PMK dari hasil uji balai Veteriner Subang," sebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang Zaldi Duhana kepada rri.co.id, Selasa  (24/5/2022). 

Keempatnya, kata Zaldi ditemukan di Desa Sukamanah Kecamatan Baros Kabupaten Serang. Dari pengakuan pedagangnya hewan ternak ini di beli dari Subang Jawa Barat. 

"Tapi ternyata informasinya hewan ini berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," imbuh Zaldi. 

Saat ini, tambah Zaldi pihaknya meningkatkan pengawasan dan pengecekan terhadap hewan yang masuk ke Kabupaten Serang. Atas arahan Bupati juga telah menggelar rakor apat dengan Polres Serang Kota Polres Serang dan Cilegon serta Kodim Serang dan Cilegon. 

"Jadi sekarang upayanya sudah upaya penanggulangan dari tempat yang terkena dan mencegah perluasan dan penyebaran ke darah lain. 

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Distan Banten Ari Mardiana mengakui telah menerima laporan adanya temuan kasus PMK di Kabupaten Serang. 

"Iyah betul empat informasinya di lokasi tersebut  dan sudah di isolasi. Tapi kita masih terus koordinasikan dulu pak," sebut Ari. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar