Ultimatum Kontraktor, Tanto: Jangan Macam-macam!

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban saat meninjau pekerjaan ruas Jalan Cadasari-Koranji. (Istimewa)

KBRN, Pandeglang: Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban mengingatkan pihak ketiga wajib melaksanakan pekerjaan kontruksi secara profesional sesuai kontrak yang tertera.

Hal itu diungkapkan Wabup saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap pembangunan jalan di ruas Jalan Cadasari–Koranji, Senin (23/5/2022).

"Pihak ketiga jangan macam-macam dalam pengerjaan kontruksi jalan, kita terus monitor agar kualitas Jakamantul (Jalan Kabupaten Mantap Betul, red) itu sesuai apa yang diharapkan," ujarnya.

Baca juga: 70 Kilometer Jalan Rusak di Pandeglang Akan Ditingkatkan Tahun Depan

Tanto menjelaskan, infrastruktur jalan merupakan salah satu prioritas pembangunan yang diusung pemerintah. Apalagi pada tahun ini, pengentasan infrastruktur itu termaktub dalam program Jakamantul yang menjadi program prestisius Pemkab Pandeglang tahun 2022.

"Jika ada yang tidak sesuai kontrak, kita minta pertanggungjawaban perbaikan kepada pihak ketiga pada tenggang waktu perbaikan sebelum serah terima," ungkapnya.

Adapun dari hasil sidak di ruas jalan Cadasari-Koranji yang baru diselesiakan, Tanto menemukan ada beberapa titik yang mengalami keretakan. Namun hal itu dinilainya tidak fatal, karena bisa langsung diperbaiki dengan sistem grouting.

Baca juga: Miris! Bertahun-tahun Jalan Penghubung Desa di Patia Berlumpur

"Untuk ruas Jalan Cadasari-Koranjì kami lihat cukup baik, dan adapun sedikit retak tidak masalah karena melintang bukan memanjang, bisa langsung di-grouting," sebutnya.

Sementara Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas PUPR Pandeglang, Ade Taufik mengatakan panjang ruas jalan Cadasari-Koranji yang dibangun tahun ini sepanjang 659 meter. Dia mengakui ada keretakan di ruas jalan tersebut.

"Keseluruhan sesuai rencana, retak melintang gak tembus ke bawah bukan kontruksi masih terbilang aman," klaimnya.

Baca juga: Dua Jalan Utama di Kecamatan Banjar Dipastikan Dibangun Tahun Ini

Dia menyebut, program Jakamantul yang bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2022 yang tersebar di 85 ruas jalan di 35 kecamatan, sudah mencapai 90 persen. Hanya saja dia menuturkan, terdapat kendala pada ruas jalan yang memanfaatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang baru terserap 30 persen.

"Jakamantul bersumber dari APBD, untuk DAK baru 30 persen karena jumlahya besar jadi masih lama," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar