FOKUS: #VAKSIN COVID

Kunjungan Wisatawan Melebihi Target 1.2 Juta, Pandeglang Paling Diminati

Keramaian wisatawan di salah satu objek wisata pantai di Banten.

KBRN, Serang: Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Banten selama libur lebaran melebihi target yang ditentukan. Sebelumnya Dinas Pariwisata hanya menargetkan 1.2 juta pengunjung dapat datang ke objek-objek wisata di Banten. "Namun dari hasil data yang dikumpulkan dari hasil evaluasi Tim siaga wisata jumlah wisatawan yang datang saat libur lebaran tahun ini mencapai 1.290.847," ucap Kepala Bidang Destinasi pada Dinas Pariwisata provinsi Banten,  Tunul Lasmiatin, Rabu (11/5/2022).

Tunul mengakui ada sekitar 17 persen peningkatan kunjungan wisatawan ke objek wisata di Banten saat lebaran tahun ini. Karena pada tahun 2018 lalu, pengunjung yang datang tercatat sebanyak 999.270 orang dari 668 objek wisata se-Banten. "Kenapa perbandingannya lebaran tahun 2018 bukan 2019. Karena saat lebaran tahun 2019 kunjungan wisatawan Banten terdampak bencana tsunami Anak Gunung Krakatau pada akhir 2018, sehingga tidak banyan warga yang berwisata ke Banten," terangnya.

Bahkan Tunul menyebut peningkatan jumlah kunjungan wisatawan lebih banyak lagi lantaran data yang masuk belum menghitung tamu yang menginap di hotel dan penginapan lainnya. Sampai saat ini pihaknya masih menunggu data tersebut dari PHRI provinsi Banten. "Data itu belum dari pengunjung yang menginap di Hotel dan penginapan ya. Karena kami masih menunggu data resminya dari PHRI," imbuhnya.

Ketua umum Badan Penyeleamat Wisata Tirta (Balawista), Ade Ervin menyebut metode penghitungan kedatangan wisatawan dihitung dari pengunjung yang datang di setiap lokasi objek wisata. Apalagi dalam libur lebaran adanya tim siaga wisata yang salah satu tugasnya melakukan pendataan kunjungan wisatawan. "Penghitungannya dari Tim siaga wisata yang disebar ke objek-objek wisata di Banten. Karena kalau menghitung pakai karcis sulit juga mendeteksinya. Adapun sejumlah wisatawan yang berkunjung mayoritas dari warga lokal dan sebagian dari wilayah di Jabodetabek dan ada juga dari Sumatera," sebut Ade.

Sedangkan berdasarkan data kunjungan, Ade menambahkan menempatkan Kabupaten Pandeglang yang menjadi favorit didatangi wisatawan selama libur lebaran tahun ini. Dimana jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pandeglang mencapai 472.082 orang, disusul Kabupaten Lebak 219.621 orang Kabupaten Serang 216.173 orang Kabupaten Tangerang 199.558 orang Kota Serang 120.696 orang dan Kota Cilegon hanya 62.662 orang. "Kalau melihat data ini Pandeglang pertama yang paling banyak dikunjungi. Pandeglang juga jumlah destinasinya paling banyak dari daerah lain. Sementara yang paling sedikit dikunjungi adalah Kota Cilegon," tandas Ade.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar