FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Pandeglang Diminta Segera Petakan Tata Ruang dan Permukiman Zona Merah Bencana

Ketua Tim Kunker Komisi VIII DPR RI, Tb. Ace Hasan Syadzili (kanan)

KBRN, Pandeglang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang diminta untuk segera melakukan Grand Desain mitigasi bencana. Mengingat Pandeglang merupakan daerah yang rawan bencana alam.

Desakan itu muncul ketika Komisi VIII DPR RI melakukan Kunjungan Ke Kabupaten Pandeglang yang diterima langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo Pandeglang, Jum’at (21/01/2022).

Baca juga: Risma Ingatkan Pentingnya Mitigasi Bencana

“Salah satu solusinya adalah melakukan Grand Desain Pandeglang untuk menetapkan tata ruang dan pemukiman. Bupati harus mulai melakukan Grand Desain menata kembali tata ruang dan pemukiman seperti pemukiman yang berada di pesisir dan masuk dalam zona merah," kata Ketua Tim Kunker Komisi VIII DPR RI Tb. Ace Hasan Syadzili.

"Melakukan Grand Desain tentunya harus melibatkan para ahli dan akademisi, supaya dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan baik dampak materil ataupun korban jiwa jika terjaadi bencana," desaknya.

Baca juga: Tinjau Korban Gempa, Menko PMK: Dampaknya Serius

Ia mengatakan, Komisi VIII akan terus melakukan monitoring dan perkembangan penanganan bencana di Kabupaten Pandeglang,

"Kami terus berkomunikasi dengan Kementerian Sosial dan BNPB bagaimana perkembangan penanganan pasca-bencana gempa bumi di Kabupaten Pandeglang secara intensif," terang politisi Golkar itu.

Baca juga: Tanggap Darurat, Pemkab Pandeglang Belum Keluarkan Dana Khusus Bencana

Sementara, Bupati Pandeglang Irna Naruta mengapresiasi seluruh unsur pemerintah pusat yang benar-benar fokus dalam penanganan bencana di Kabupaten Pandeglang.

"Terimakasih bapak dan ibu ketua dan anggota Komisi VIII, Kami berharap sinergitas kita terus ditingkatkan, dan mohon untuk arahan nya kepada kami terkait penanganan dan penanggulangan Bencana di Kabupaten Pandeglang," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar