FOKUS: #VAKSIN COVID

Pede Divaksin, Warga Ibukota Banten Mulai Lalai Prokes

Kepala BPBD Kota Serang Diat Hermawan. Foto Nasrudin

KBRN, Serang: Kesadaran warga Kota Serang dalam menjalankan protokol kesehatan sudah mulai luntur. Ini disebabkan warga mulai percaya diri setah divaksin dan kasus penularan Covid 19 di Kota Serang yang sudah melandai. "Penggunaan dan penerapan protokol kesehatan dari laporan di lapangan tingkatnya 70 persen tingkat kepatuhannya.  Mungkin warga pede karena sudah divaksin karena kasus juga melandai. Sehingga ini perlu ditingkatkan dan turun langsung ke masyarakat," ujar Kepala BPBD Kota Serang Diat Hermawan, Selasa (18/1/2022).

Diat  menyebut pihaknya saat ini terus mengintensifkan himbauan ke warga untuk meningkatkan protokol kesehatan. Apalagi bangsa ini juga masih dalam ancaman varian Omicron yang sudah masuk ke Banten. "Sesuai tupoksi di pencegahan dan kesiapsiagaan, kami terus memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat. Kami juga terlibat bersama tim gabungan TNI, Polri dan instrumen lain di Kota Serang," lanjutnya. 

Diat mengatakan berdasarkan laporan untuk saat ini belum diterima adanya sebaran varian Omicron masuk ke Ibukota provinsi Banten. Akan tetapi hal itu harus tetap menjadi kewaspadaan warga dalam menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. "Apalagi varian ini dikenal lima kali lebih cepat menyebar ke masyarakat, daripada varian-varian sebelumnya," kata Diat. 

Oleh sebab itu Diat menambahkan pihaknya terus melakukan patroli bersama tim gabungan ke sejumlah objek-objek keramaian di Kota Serang. Dalam patroli petugas mengingatkan warga agar tidak berkerumun dan selalu menggunakan masker guna mencegah sebaran Covid 19. "Kami menegur warga yang berkerumun atau tidak menggunakan masker. Bahkan kami berikan juga masker saat menemukan warga di lokasi keramaian tidak memakai masker dengan alasan lupa," tegas Diat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar