RDTR Dua Kecamatan di Pandeglang Dapat Catatan dari Kementerian ATR

Penjabat Sekretaris Daerah (PJ Sekda) Pandeglang, Taufik Hidayat. (RRI/Dendy)

KBRN, Pandeglang: Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dua kecamatan di Kabupaten Pandeglang belum bisa disetujui oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Malah RDTR Kecamatan Carita dan Panimbang yang diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang justru mendapat catatan.

Penjabat Sekretaris Daerah (PJ Sekda) Pandeglang, Taufik Hidayat menerangkan, catatan yang diberikan Kementerian ATR perihal desain pengelolaan objek wisata gunung dan laut di Kecamatan Carita.

Baca juga: Seluruh Kecamatan di Pandeglang Belum Memiliki RDTR

"Jadi bagaimana kita punya laut dan gunung di area itu, bisa bersinergi dengan baik dengan tidak mengorbankan laut dan gunung. Sehingga nanti mungkin akan ada desain yang berbeda bagaimana di pegunungan kita akan tata sedemikan rupa agar bisa dinikmati keduanya dengan baik," jelasnya, Rabu (8/12/2021).

Namun begitu, Taufik menilai catatan tersebut tidak tergolong minor karena dianggap masih bisa diperbaiki. Pihaknya akan segera merevisi tata pengelolaan sumber daya alam pegunungan dan kelautan di Carita agar bisa selaras tanpa harus mengorbankan salah satunya.

"Catatannya Alhamdulillah tidak banyak yang harus dijadikan perhatian. InsyaAllah akan segera kami selesaikan," imbuhnya.

Baca juga: Dua Tahun Mandek, Kementerian ATR Akhirnya Setujui Revisi Perda RTRW Pandeglang

Akan tetapi, Taufik belum bisa memastikan kapan RDTR dua kecamatan yang diprioritaskan untuk kawasan wisata itu disetujui. Pihaknya hanya berjanji akan segera memperbaiki catatan kemudian diserahkan ke Kementerian ATR secepatnya.

"Kami belum tahu kapan akan disetujui, nanti akan ada sesi-sesi lagi dengan kementerian, pada saatnya nanti sudah dilakukan revisi kami akan segera menyampaikan," ujarnya.

Taufik menegaskan, pengajuan dua kecamatan itu untuk diresmikan RDTR-nya, karena berkaitan dengan topografinya sebagai kawasan wisata. Mengingat Carita ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Panimbang yang memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Baca juga: Perda RTRW Belum Disahkan Pemerintah Pusat, Investasi di Pandeglang Mandek

Perihal RDTR kecamatan lainnya, dia mengklaim tengah menyiapkan untuk lima kecamatan yang termasuk kawasan industri. Kelimanya yakni Kecamatan Sukaresmi, Bojong, Pagelaran, Cibitung, dan Kecamatan Cikeusik. Dia berharap dengan disetujuinya RDTR kelak, bisa meningkatkan gelombang investasi di Kabupaten Pandeglang.

"Kecamatan lain memang belum, kami sudah mempersiapkan dokumen. Kemungkinan ada waktu khusus dengan Kementerian PUPR, kami akan membahas bersama," tandas mantan Inspektur Inspektorat itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar