Siaga Bencana, Puluhan Jurnalis Ikut Pelatihan Water Rescue dan Vertikal Rescue yang Dilakukan Dompet Dhuafa

KBRN, Tangerang : Puluhan jurnalis dari berbagai media, mengikuti kegiatan pelatihan dasar water rescue dan vertikal rescue di kantor Dompet Dhuafa, Ciputat Ranji, Cikupa, Kota Tangerang Selatan-Banten, Sabtu (4/12/2021).

Sedikitnya ada 30 jurnalis dari berbagai media nasional mengikuti kegiatan pelatihan jurnalis siaga tersebut. Adapun tujuan dilakukannya kegiatan pelatihan itu yakni, untuk memberikan pengetahuan dan sebagai upaya kesiap siagaan  jurnalis pada saat terjadi bencana. Baik, bencana alam maupun bencana non alam.

"Pelatihan jurnalis siaga bencana itu, karena kita mempersiapkan temen-temen jurnalis. Bagaimana cara kerja di lokasi bencana, terutama cara mengamankan diri, cara pengambilan gambar dan cara menolong korban pada saat dilokasi bencana," kata Manager pengurangan hasil bencana pada DMC Dompet Dhuafa Republika, Ahmad Lukman di sela-sela kegiatan pelatihan. 

Ahmad menjelaskan, ada beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan jurnalis siaga itu. Diantaranya yakni, materi dasar water rescue dan vertikal rescue. 

"Materi water rescue ini ada beberapa poin dengan praktek yah, cara menolong korban dan mempraktekan bagaimana cara menolong korban dilokasi bencana. Minimal mereka sudah tau cara mengamankan dan tau apa yang harus dilakukan ketika dilokasi bencana," ujar Ahmad.

"Mau tidak mau kita juga harus mengamankan diri sendiri dengan alat pelindung diri (APD) jangan sampai mengamankan orang lain, malah kita sendiri yang diamankan orang lain," imbuhnya.

Ahmad menyampaikan, berbagai media nasional mengikuti kegiatan pelatihan itu. Seperti media cetak, media online dan media elektronik.

"Media nasional yah, ada 36 media yang mengikuti. Kegiatan ini kegiatan kelima kalinya yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa, sebelumnya mengadakan di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan di Sulawesi Selatan serta saat ini di Banten," ungkapnya. 

Ahmad berharap, kegiatan pelatihan jurnalis siaga ini langsung diinisiasi oleh Dhompet Dhuafa yang dilakukan di Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

"Iya kegiatan ini langsung diinisiasi Dompet Dhuafa, dengan harapan melalui kegiatan ini. Para Jurnalis tidak hanya bisa mengambil gambar untuk kebutuhan berita. Namun juga, dapat menolong korban yang terkena bencana melalui pembekalan pelatihan ini," tandasnya. 

Sementara, salah seorang jurnalis elektronik, Umar mengucapkan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan jurnalis siaga oleh Dompet Dhuafa Republika. 

"Terima kasih atas undangannya, kalau bisa kita (Jurnalis) diundang lagi kalau ada kegiatan seperti ini," ucap Umar usai kegiatan pelatihan tersebut. 

Umar mengaku, banyak pelajaran yang didapatkan dari kegiatan pelatihan jurnalis siaga tersebut. Seperti pelajaran dasar water rescue dan vertikal rescue.

"Banyak pelajaran yang didapat. Seperti bagaimana cara membekali diri dan menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan pada saat akan melakukan pertolongan pertama pada korban," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar