Kedepan, Area Pelabuhan di Indonesia Akan Dibuat Seperti di Bandara Udara

Suasana rapat koordinasi di kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Jumat (26/11/2021)

KBRN, Cilegon : Kedepan disetiap area pelabuhan yang ada di Indonesia akan dilakukan sterilisasi oleh petugas. Hal itu dilakukan, dalam rangka upaya untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan di area pelabuhan. 

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, Hanjar Dwi Antoro mengatakan, sistem sterilisasi itu rencananya akan diberlakukan di seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia. Dengan begitu, maka pelayanan dan keamanan di area pelabuhan dapat ditingkatkan.

"Idealnya yang ada di area pelabuhan itu, orang yang memiliki tiket dan petugas pelabuhan. Sehingga, yang tidak berkepentingan yang ada di area pelabuhan harus diminta keluar karena dapat menggangu pengguna jasa (penumpang kapal)," ujar Hanjar.

Hanjar menjelaskan, penerapan sterilisasi itu rencananya akan dilakukan seperti yang dilakukan di area bandara udara yang steril dari orang yang tidak berkepentingan.

"Pada prinsipnya kita (BPTD) ingin menerapkan sterilisasi area yang dilakukan seperti di area bandara udara," ucap Hanjar.

Meski begitu, lanjut Hanjar, sterilisasi itu tidak dapat dilakukan sendiri. Melainkan harus dilakukan bersama-sama antara pihak kepolisian dan petugas ASDP dan beberapa pihak terkait lainnya.

"Dan itu tidak biasa dikerjakan sendiri oleh BPTD maupun oleh ASDP, kepolisian juga harus dapat bersama-sama bersinergi. BPTD itu perannya hanya regulator dan mengawasi, pelaksananya operator terutama ASDP," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar