Melawan Hukum, Lima ASN Pandeglang Terancam Dipecat Tidak Hormat

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta. (RRI/Dendy)

KBRN, Pandeglang: Sebanyak lima Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, terancam diberhentikan dengan tidak hormat. Alasannya, karena kelima abdi negara itu menyalahi aturan dengan melawan hukum seperti terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, korupsi, dan tidak pernah masuk kerja.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta menerangkan, ancaman itu lahir setelah BKD menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Inspektorat. Namun disinggung soal waktu pemecatan, dia belum bisa menyebutkan.

"Belum final. Jadi kami tidak bisa mendahului. Kami pelajari dahulu Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)-nya, baru kami putuskan dan disampaikan ke Bagian Hukum. Kami juga tadi rapat dengan pak Pj Sekda, membahas ini,” kata Fahmi, Jumat (5/11/2021).

Baca juga: ASN Pandeglang Tak Minati Tes Urine Narkoba yang Dilakukan BNN Banten

Fahmi juga enggan membocorkan nama maupun instansi kelima ASN itu bernaung. Dia hanya menyiratkan bahwa kelimanya tersebar disejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ada pula yang bertugas di kecamatan.

“Kecamatan ada, kaitan tindak pidana narkotika, dan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tersebar di lingkungan Pemkab Pandeglang, juga ada. Kasusnya ada yang berkaitan tindak pidana korupsi, tak pernah masuk kerja dan narkotika juga ada,” paparnya.

Selain itu, kelimanya ada yang masih mendekam di jeruji besi dan ada juga yang sudah aktif kembali. Namun tetap menjadi catatan pihak BKD.

“Tidak semuanya masuk kantor, ada juga yang ditahan (penjara), ada yang sudah aktif, dan ada yang tidak masuk kerja. Hal itu menjadi catatan kami, kalau sudah diluar batas, harus ditindak tegas,” tegasnya.

Baca juga: Sidak OPD, Irna Ingatkan ASN Fokus Bekerja

Fahmi menambahkan, sejauh ini BKD mencatat secara total sudah ada sekitar 20 ASN yang dilakukan pemecatan tidak hormat. Karena telah berulah melakukan tindakan melawan hukum, dan bandel tak masuk kerja.

“Sudah banyak yang diberhentikan. Sejauh ini kurang lebih ada sekitar 20 ASN yang sudah dipecat tidak hormat. Itu tadi, kasusnya macam-macam diantaranya narkoba, korupsi dan tak disiplin,” tutup Fahmi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar