Partisipasi Pemilih Pilkades Pandeglang Lampaui Angka Pilkada

Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan. (RRI/Dendy)

KBRN, Pandeglang: Angka partisipasi pemilih dalam pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pandeglang pada Minggu (17/10/2021) kemarin menyentuh diangka 80 persen, dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 563.927 jiwa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni Hermawan menyebut, tingginya angka partisipasi Pilkades kali ini lebih tinggi dibanding partisipasi pada Pilkada 2020 lalu yang hanya menyentuh diangka 68 persen.

"80 persen partisipasinya. Dibandingkan dengan Pilkada kemarin lebih bagus," kata Doni, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: Kemendagri Pemantau Penerapan Prokes Pilkades di Pandeglang

Padahal, Pilakdes yang dilakukan masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Namun, antusiasme masyarakat yang bekerja di luar daerah dalam menentukan pilihan terbilang tinggi sehingga bisa menyempatkan waktu untuk pulang dan memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Meski Covid saat ini tidak ada kendala. Buktinya masyarakat antusias. Karena, penerapan proses di TPS juga ketat," ucapnya.

Baca juga: Pilkades Serentak di Pandeglang Layak Jadi Contoh Bagi Daerah Lain

Akan tetapi, sampai sejauh ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan tim kesehatan untuk mengetahui perkembangan lonjakan Covid-19 pasca-pemilihan Kepala Desa.

"Seminggu kedepan ini kita akan lihat. Apakah ada kenaikan atau tidak nantinya. Tapi, sejauh ini belum ada," katanya.

Baca juga: 26 Desa Rawan, 4.189 Personel Diterjunkan Amankan Pilkades Pandeglang

Ditegaskannya, pelaksana Pilkades kali ini tidak terlihat adanya konflik. Namun, pihaknya memberikan ruang kepada para calon yang tidak puas atas hasil dari pemilihan untuk melakukan gugatan. Adapun untuk pelantikan calon terpilih di wacanakan dilaksanakan pada November 2021 mendatang.

"Tidak ada (konflik), paling ada yang kurang puas, silakan saja masih ada waktu. Pelantikan nanti November sesuai dengan tahapan," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00