Fraksi PPP DPRD Pandeglang Usulkan Pembentukan Perda Pondok Pesantren

Fraksi PPP DPRD Pandeglang menyerahkan usulan pembentukan Perda Pondok Pesantren ke Ketua DPRD Pandeglang, Tb. Udi Juhdi. (Istimewa)

KBRN, Pandeglang: Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang dari Fraksi PPP mengusulkan pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Pondok Pesantren.

Usulan itu dilayangkan menyusul diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren (PPP).

Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Pandeglang, Oman Abdurohman mengaku, Perda tersebut penting lantaran masih banyak pesantren yang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

Baca juga: Usulan Bedah Rumah Ursih Tak Direspons Pemda, Anggota Fraksi PPP Turun Tangan

"Seolah-olah pesantren di Kabupaten Pandeglang saat ini kurang perhatian dan terabaikan. Karena masih banyak kata-kata dari masyarakat yang menyebut bale bilik bolong (Pesantren dinding bolong-red)," kata Oman, Jumat (24/9/2021).

Selain itu, tercetusnya Program Legislasi Daerah (Prolegda) yang kini tengah digagas Fraksi PPP merupakan salah satu usulan yang didapat dari masyarakat.

"Fraksi PPP mendorong agar Perpres dijadikan Prolegda salah satu upaya proteksi fraksi untuk melindungi keberlangsungan Pesantren Salafi. Karena Pemda belum sepenuhnya bisa hadir . Inisiasi PPP ini karena adanya usulan dari kyai dan ulama dimasing-masing Dapil," akunya.

Baca juga: Dompet Dhuafa dan Ponpes Ilmu Al Quran Kembangkan Zakat Produktif Berbasis Pesantren

Ketua DPRD Pandeglang, Tb Udi Juhdi yang menerima draft usulan tersebut mengapresiasi sikap Fraksi PPP yang menginisiasi Perda tentang Pondok Pesantren. Dirinya mengaku, akan menyampaikan aspirasi dari Fraksi PPP ditataran unsur pimpinan dan juga dengan anggota lainnya, termasuk dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

“Saya merespons baik. Karena melihat situasi dan kondisi, segitu banyaknya pesantren di Kabupaten Pandeglang, apalagi Pandeglang dikenal sebagai Kota Sejuta Santri dan Seribu Ulama,” Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Pandeglang itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar